oleh

Jumlah Peserta JKN KIS Diikuti Peningkatan Fasilitas

MATARAKYAT-MAKASSAR, Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berdampak terhadap pelayanan kesehatan hingga secara bertahap, program JKN – KIS pun terus berkembang pesat hingga kini dan bergerak menuju cakupan semesta. Selasa (22/8)

Saat ini secara nasional jumlah masyarakat yang telah mengikuti program JKN – KIS mencapai 180 juta jiwa atau lebih dari 70 persen dari jumlah proyeksi penduduk Indonesia di tahun 2017

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar,  Untung Prati Wicaksono mengatakan, banyak sekali peningkatan rekrutman peserta baru sekitar 60.000 di wilayah cabang Makasar.

Juga ada peningkatan jumah fasilitas kesehatan yang tadinya ada sekitar 38 rumah sakit menjadi 43 dari sisi jumlah kasus yang tertangani juga mengalami peningkatan yang luar biasa” Papar Untung pada saat di wawancarai di kantor BPJS Kesehatan Makassar jalan A.P. Pettarani

Program JKN – KIS untuk BPJS Kesehatan kantor cabang Makassar mencakup Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Takalar juga mengalami peningkatan. Sampai dengan 30 Juni 2017.

Pertumbuhan jumlah peserta ini di iringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Saat ini kantor cabang Makassar telah bermitra dengan 326 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), yang terdiri atas 123 Puskesmas , 60 dokter praktik perorangan, 31 Dokter Praktik Gigi perorangan, dan 112 klinik Pratama.

Ada 75 klinik pratama swasta, 12 klinik Polri. 25 klinik TNI selain itu , BPJS Kesehatan cabang Makassar juga telah bekerjasama dengan 43 fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 37 Rumah Sakit ( termasuk di dalamnya 6 Klinik Utama), 31 Apotek, serta 12 Optik.

Liputan : Noya

Komentar

News Feed