oleh

Pemkab Lutra Bantu Kelompok Tani Instalasi Biogas

MATARAKYAT_LUTRA – Pemkab Luwu Utara Melalui Dinas Lingkungan Hidup memberikan bantuan Instalasi Biogas kepada Dua kelompok Tani di Luwu Utara.

Bantuan ini merupakan Tindak lanjut MOU antara Pemkab Luwu Utara dengan Yayasan Rumah Energi.

Kelompok itymu yakni, Kelompok Tani Sukatani Desa Sukamaju dan kelompok tani Tunas Muda Desa Dandang, dengan masing-masing mendapatkan 15 unit Instalasi Biogas.

Kelompok ini diberikan bantuan karena memiliki hewan ternak baik sapi maupun babi, ungkap Asrul Sani, Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran LH selaku Penanggung Jawab Kegiatan.

Lanjutnya, biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik dimana salah satu sumbernya adalah kotoran hewan (Sapi, Kerbau, Kuda, dan Babi) sehingga biogas dapat menjadi sumber Energi Alternatif yang ramah Lingkungan dan terbarukan”.

“Biogas ini sangat bermanfaat sekali, karena selain mengurangi tingkat pencemaran juga dapat meningkatkan daya beli masyarakat, menggerakkan perokonomian masyarakat lokal serta mengedukasi masyarakat bagaimana cara beternak yang ramah Lingkungan, jelasnya.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup Ir. Buramin Dannu  mengharapkan kepada penerima, agar bantuan ini dipelihara dan dimanfaatkan seoptimal mungkin sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan penerima manfaat,” tutupnya.

Liputan: Rama | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed