oleh

Kajari Gowa Kumpul Kades. Ini Bahasannya?

-Daerah-1.513 views

MATARAKYAT-GOWA, Kepala Kejaksaan Negeri Gowa Susanto, S.H.,M H, mengumpul seluruh kepala desa di aula Baruga Karaeng Galesong Pemerintah Kabupaten Gowa untuk mensosialisasikan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) pada pengelolaan  Dana Desa.

Tupoksi dan peran TP4D Tingkat Kabupaten Gowa berperan sebagai upaya mengoptimalkan penyerapan anggaran, pengawalan, dan pengamanan daerah meliputi pendampingan dan pendapat hukum dari tingkat perencanaan, pelaksanaan pembangunan, pemanfaatan pembangunan, pengawasan pembangunan, monitoring dan evaluasi sebagai upaya preventif/pencegahan tndak pidana korupsi maupun dari segi represif dalam rangka penindakan Tipikor dikaitkan dengan UU Administrasi Negara.

Kegiatan ini diikuti oleh para Camat, Kepala Desa, Ketua Badan Pemberdayaan Desa (BPD), dan unsur terkait di Kabupaten Gowa.

Adapun Pemateri dalam Kegiatan tersebut, yakni, Kejari Gowa: Susanto, S.H.,M.H, Waka Polres Gowa,  Kompol Agus Salim, Inspektur Kab. Gowa,  Drs. Kamaluddin Serang, Kadis PMD Kab. Gowa, Drs. Muhammad Asrul, M.M. serta  Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi 4 di KPP Bantaeng,  Edy Setiawan, M.A.

Kepala KPP Pratama Bantaeng diwakili Kasi Pengawasan dan Konsultasi 4, Edy Setiawan, M.A. yang bertindak sebagai pemateri menyampaikan bahwa Dana Desa/Alokasi Dana Desa yang disalurkan Pemerintah Kabupaten Gowa pada tahun 2017 sebesar ±1,5 Milyar per Desa, didalamnya termasuk unsur Pajak Pusat (PPh, PPN) yang harus dipotong, dipungut, dan disetorkan oleh pengelola DD/ADD.

Kantor Pelayanan Pajak menyambut baik kerjasama dalam bentuk sosialisasi aspek pajak bagi dana desa yang diselenggarakan oleh TP4D Kabupaten Gowa.

Kantor Pelayanan Pajak Bantaeng akan selalu bekerjasama dengan para Stakeholder terkait (Inspektorat Kabupaten, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kejaksaan, dsb) dalam mengamankan program Dana Desa agar tepat sasaran dan tertib administrasi.

Diharapkan pula, lanjutnya, kegiatan ini sebagai upaya pengoptimalan persepsi terkait kegiatan yang kenakan pajak ataupun tidak dikenakan pajak sehingga dana desa tepat sasaran dalam pembayaran pajak.

Kejari Gowa, Susanto, S.H.,M.H. menyampaikan kegiatan sosialisasi TP4D tersebut digelar bertujuan menyampaikan pemahaman tentang keberadaan TP4D.

Lebih lanjut, dengan adanya TP4D, Kepala Desa bisa mengajukan permohonan pengawalan dan pengamanan penggunaan dana desa ke TP4D yang ada di Kejaksaan Negeri Gowa, sehingga setiap pembangunan yang dilaksanakan, bisa sesuai dengan aturan yang ada, tepat waktu, tepat mutu dan tepat guna.

“Ini merupakan kegiatan tindaklanjut dari instruksi Jaksa Agung Muda Intelijen, agar dana desa diseluruh Indonesia tepat sasaran melalui program TP4D.” Tutup Kejari Gowa, Susanto, S.H.,M.H.

Liputan : Edho

Komentar

News Feed