oleh

IMB Grand Mall Ditengarai Rugikan Negara Rp 16 M

-Daerah-1.717 views

MATARAKYAT-MAROS, — Akibat penerbitan Izin Grand Mall, Ruko dan Hotel yang diajukan PT Anugrah Sukses Lestari, ditemukan potensi kerugian negara disektor penerimaan pendapatan asli daerah atas Restribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) mencapai Rp16,3 Miliar.

Data diperoleh Jurnalis media ini, ditemukan pada dokumen Analisis Dampak Lingkungan Andal yang diajukan pemohon PT ASL, terungkap fakta sidang komisi lingkungan hidup Maro, 5 Juli lalu.

Pada data teraebut tercatat luas bangunan secara keseluruhan mencapai 65 ribu meter persegi, namun berdasarkan data yang pernah di langsir Sintap. Pengenaan restribusi IMB hanya 14.721 meter persegi dengan total restribusi yang disetor Rp 4,8 miliar.

Sehingga masih ada sekitar 50.279 meter persegi yang tidak dikenakan restribusi IMB, Jika luas bangunan itu, dihitung pengenaanya Rp 326.000 permeter berdasarkan analisa nilai pembagi dari Rp 4.8 Miliar dari 14.721 meter persegi maka ditemukan angka sekitar Rp16,3 Miliar restribusi IMB yang tidak tercatat di kas pemasukan Pemda.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Prerisinan Satu Atap, Andi Rosman, menjelaskan, jika luas lahan 14.721 meter persegi ini diproses izin IMBnya sesuai pengajuan permohonan yang ditanda tangani bermatrei.

“Data tertulis tangan itu luas lahan sementara, di versi BLH luas bangunan ini kan 4 lantai sekali lagi mohon maaf karena kurang sehat sudah 3 hari sakit masuk kantor tanyami ki tim tehnis saya yang jelaskanki” kata Rosman

Sementata itu Ketua DPRD  Maros, Chaidir Syam, menanggapi, serius, “Terima kasih atas informasi yang diberikan, kami akan meminta pihak pemerintah daerah melakukan perhitungan ulang dan kami Grandakan menyampaikan persoalan ini ke Bupati setelah pulang ber Haji” kata Dia

Peliput : Jumadi

Komentar

News Feed