oleh

Tenda Jemaah Haji Asal Lutim di Arafah Dibangun

MATARAKYAT_LUTIM – Para Jemaah haji asal Indonesia khususnya kabupaten Luwu Timur di Arafah dan Mina Arab Saudi dimanjakan dengan fasilitas diantaranya pembangunan tenda dengan ukuran bervariasi yakni 15X10 dan 20X20 meter persegi sesuai jatah lahan yang di sediakan Muassasah Arab Saudi.

Informasi yang dihimpun, lokasi kemah di Arafah tidak seperti yang dibayangkan orang kalau tak nyaman. Pasalnya, di Arafah lumayan ditumbuhi pepohonan, bila di bandingkan wilayah Mekkah yang gersang, akan tetapi hawa panas masih tetap terasa.

Andi Zulkarnain ketua rombongan 7 jemaah asal Lutim mengatakan, fasilitas kemah di arafah dilengkapi dengan tenda rangka baja ringan, kipas angin, lantai berkarpet, wc, persediaan air minum berupa air kemasan, dan fasilitas perbelanjaan, ungkapnya kepada Matarakyatmu.com melalui pesan WhatsAppnya, Minggu (27/08/17).

Lanjutnya, Jemaah Luwu Timur bersama 450 orang jemaah kloter 17 mendapat tenda 6 pasang, masing masing tenda akan berisi berkisar antara 56 orang sampai 84 orang. Tenda perempuan akan dipisah dengan tenda laki laki, ujar Andi Zul.

Menurutnya, Jemaah haji akan bermukim di Arafah sekitar 20 jam. Kegiatan ibadah di Arafah adalah wukuf pada tanggal 9 Dzulhijah mulai dari siang sampai habis magrib, ucapnya.

Berbeda dengan di Arafah kata Andi Zul, tenda yang akan ditempati jemaah haji di Mina lebih padat dan lebih rapat sehingga memungkinkan jemaah kesasar bila keluar masuk kawasan perkemahan. Akan tetapi, fasilitas tenda di Mina sedikit lebih baik dari tenda Arafah karena difasilitasi pendingin udara berupa AC, hal ini untuk mendukung jemaah akan memginap di Mina selama 4 hari.

Dijelaskannya, untuk mengantisipasi tersesatnya jemaah, petugas kloter bersama ketua rombongan jemaah haji memasang beberapa tanda berupa bendera dan tanda penunjuk arah. Kegiatan di Mina yaitu mengantar jemaah selama 4 hari berturut turut mulai tanggal 10 – 13 Dzulhijah. Selanjutnya pada tanggal 14 Dzulhijah, jemaah haji menyelesaikan rangkaian rukun haji di Mesjidil Haram yaitu Tawaf dan Sai, paparnya.

Ia menambahkan, untuk memastikan lokasi tenda yang akan ditempati jemaah haji untuk wukuf di arafah, petugas haji indonesia dan perwakilan pengelola haji pemerintah Arab Saudi mengajak semua Ketua Kloter dan perwakilan jemaah untuk meninjau langsung persiapan lokasi di Arafah dan Mina, Sabtu (26/08/17) kemarin.

Liputan: Harding | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed