oleh

Siapa Dibalik Penyebar Berita Hoax. Ini Dia Salah Salah satunya??

MATARAKYAT-JAKARTA | Sindikat penyebar kebencian terbungkus konsep hoax di dunia maya mulai terungkap jika aktor intlektual adalah pemain lama. Terungkapnya sindikat penyebar ujaran kebencian, berita hoax dan konten SARA, Saracen, oleh Mabes Polri mengejutkan semua pihak.

Setelah muncul kabar kuasa hukum Habib Rizieq, Egi Sujana sebagai salah satu dewan penasihat, kini muncul kabar staf khusus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Sunny Tanuwidjaja sebagai pendana sindikat tersebut.

Dalam informasi yang didapat melalui grup-grup Whatsapp itu juga meminta agar informasi yang menjelaskan keterlibatan Sunny itu juga dibumbui atas nama agama.

Dalam pesan tersebut, lanjutnya, juga disebutkan nama koranesi atau nama webside-nya dan dibawahnya tolong bagi umat Islam sebagai peringatan.

Hal itu diungkap Ace, anggota DPR RI dalam diskusi bertajuk “Bisnis dan Politik Hoax?” di kawasan Menteng, Jakarta kemarin.

“Kita sedang dikepung dengan kelompok-kelompok yang ingin menghancurkan Islam,” ujarnya.

Ace menegaskan, berita hoax yang disebarkan sindikat tersebut dengan mengatasnamakan agama telah menyebar di masyarakat. Karena itu, tak menutup kemungkinan hal itu kemudian dikonsumsi masyarakat Indonesia yang mayoritas agama Islam.

Paling mengerikan, lanjutnya, adalah penggunaan jargon-jargon agama. “Itu yang mengerikan. Misalnya mohon maaf portal islam. Jadi bagaimana fenomena seperi ini nyata terjadi dan menggunakan simbol-simbol agama digunakan,” jelasnya.

Selain berita hoax, sejumlah isu lain yang sangat mengancam juga tak kalah berbahaya. Seperti saat Pilkada DKI Jakarta lalu dimana masyarakat disuguhi banyak sejakli ujaran-ujaran kebencian dari media sosial.

Liputan : Yudhi

Komentar

News Feed