oleh

Waspada! Anda Lalai Pungli Mengintai

MATARAKYAT-MAKASSAR | Pungutan liar di tubuh Samsat Makassar masih berpotensi di salah satu kedai yang berada di Lapangan Emmy Saelan,  pertigaan diantara Jalan Letjend. Hertasning – Tamalate Kota Makassar.

Hasil asil pantauan tim MATARAKYATMU berhasil mendapati dugaan Pungli tersebut dengan modus Admin di kedai tersebut mengangkat nominal secara diam-diam tanpa memberitahukan kepada pengguna kendaraan bermotor yang hendak membayar pajak.

Pelayanan Samsat Wilayah Makassar I Selatan, nominal  tertera pada lembaran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) berbeda dengan yang diminta oleh admin di Gerai/Kedai Samsat itu.

Saat diklarifikasi, ia meminta maaf, “Ah masa… Iyakahh, Ooo lebih lima ribu uangta dii, maaf nahh” ujar salah satu admin di Kedai tersebut sembari mengembalikan kelebihan uang tersebut.

Tak sampai disitu, tim kami pun mencoba menanyai beberapa masyarakat yang telah melakukan pembayaran, pengguna tersebut mencocokkan antara Nominal yang tertera pada STNK dan Nominal yang disebut admin itu.

Alhasil.. Kami menemukan beberapa bukti, admin tersebut mengangkat pajak sebesar Rp4.000 hingga Rp5.000 kepada setiap pengguna.

Dalam perbincangan masyarakat tersebut, “Sudahki bayar? Cobaki cocokkan angka yang tercantum dengan yang dia minta tadi” ternyata dari Rp228.700,- diangkat menjadi Rp235.000,-, dan itu terjadi tak hanya pada satu orang.

Lanjutnya, “Ini bukan masalah seribu atau dua ribu rupiah, tapi ini masalah orang banyak. Jadi kalau 200 orang yang datang bayar lantas dikalikan Rp5.000 per orang, maka berapa besar yang dia dapatkan?” Ujar Pria berambut gondrong itu saat membawa STNK atas Nama Sinarwati di Kedai Samsat tersebut.

Liputan : Edho/ ullah

Komentar

News Feed