oleh

Beranjak Dari Kota Mekkah Ke Arafah, CJH Indonesia Gunakan Bus

MATARAKYAT_LUTIM – Hari ini tanggal 8 Dzulhijah yang bertepatan, Rabu 30 Agustus 2017, jutaan jemaah haji akan meninggalkan Kota Mekkah menuju Mina.

Sebagian besar CJH yang berasal dari negara-negara Arab dan sekitarnya berangkat duluan dengan berjalan kaki sejauh sekitar 7 kilometer.

Setiba di Mina, jemaah ini akan menginap semalam di Mina dan besoknya akan melanjutkan perjalanan ke Arafah dengan jalan kaki sekitar 9 kilometer, hal ini diungkapkan Andi Zulkarnain ketua rombongan 7 Jemaah asal Luwu Timur, Kamis (31/08/17).

Lanjutnya, bermalam di Mina semalam sebelum menuju Arafah di sebut Tarwiah atau persiapan. Tarwiah bernilai sunnat bagi yang mampu, karena hal tersebut yang dilaksanakan Rasulullah pada saat melaksanakan haji, ujarnya.

Berbeda dengan CJH asal Indonesia kata Andi Zul, meninggalkan Kota Mekkah menuju Arafah menggunakan transportasi darat atau bus dan berangkat belakangan.

Di ceritakannya, sebagian besar CJH asal Indonesia tidak melakukan Tarwiah atau melakukan persiapan dan menginap di Mina, akan tetapi langsung menuju ke Arafah dan bermalam, Kamis (01/08/17) hari ini melakukan wukuf, ucapnya.

Menurutnya, hal tersebut tidak masalah dan tidak mengurangi nilai ibadah haji. Faktor lain yang menjadi pertimbangan bagi CJH asal indonesia adalah kondisi fisik dan cuaca yang dianggap tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh pada cuaca panas, kuncinya.

Liputan: Harding | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed