oleh

Menapak Kehidupan Modernitas di Era Tanpa Batas

MATARAKYAT-MAKASSAR | Di era yang serba canggih dan instan seperti kita temukan sekarang ini, kadang membuat kita lupa bagaimana orang-orang terdahulu mengakses informasi dan wawasan yang masih sulit dijangkau dan terbatas.

Jika sekarang orang-orang dapat menikmati berita dan informasi cuma dengan menyentuh gadget-nya, lain halnya dengan orang-orang terdahulu. Mereka yang terlahir berpuluh tahun sebelum masa transisi yang serba modern seperti saat ini, mereka hanya dapat mengakses berita dengan membeli surat kabar di jalan-jalan.

Perubahan tersebut akhirnya berdampak pada turunnya konsumsi baca masyarakat terhadap surat kabar. Namun bagi Daeng Naba yang sudah berusia senja, tepatnya 82 tahun, hingga saat ini masih percaya ada beberapa orang yang hidup di tengah gerusan dunia digital yang serba instan, masih melek dan mau baca koran

Sudah 25 tahun yang lalu sejak Daeng Naba berjualan koran sampai sekarang ini beliau menetap menjajakan surat kabarnya di Jalan Dr. Syam Ratulangi, Makassar. Setiap pagi sebelum pukul sepuluh Daeng Naba dengan usia yang tak lagi muda dengan mantap merapikan koran sambil menunggu pelanggannya.

Liputal : Eghy V. Djaya

Komentar

News Feed