oleh

Proyek Nasional Kedelai di Bone Terindikasi Korupsi

-Daerah-1.406 views

MATARAKYAT-BONE | Proyek nasional pengadaan kedelai TA 2015 di Dinas Pertanian Pemkab Bone, terindikasi korupsi. Beberapa LSM pernah ikut memelisik kasus ini tapi tak jelas juntrungannya.

Awalnya, kasus ini sempat “Garuk” lembaga hukum tapi hinggi kini kasus tersebut tetap diselimuti kabut tebal penyelesaiannya.

Beberapa pihak berharap agar kasus yang diduga merugikan negara milyaran rupiah ini dapat ditelisik kembali.

“Kasus ini berhasil ditutupi dengan negosiasi bersama oknum aparat hukum maupun LSM,” ujar Suardi seorang penggiat LSM di Makassar.

Seperti diketahui, proyek nasional pengadaan kedelai dengan APBN tahun 2015 diduga bermasalah.

Anggaran seharusnya dikucurkan pada setiap kelompok tani RP 48 juta tapi terealisasi tidak sesuai petunjuk tehnis. “Kelompok tani sebanyak 1.320 hanya menerima antara Rp 7 juta sampai RP 8 juta,” ujar seorang Ketua Kelompok tani.

SIsa dana yang mangkrak dikompensasi pembelian barang namun juga ditengarai terjadi mark up. “Saya heran kenapa kasus ini tidak ditindak lanjuti baik aparat hukum maupun LSM,” tambah seorang anggota LSM lainnya.

Sumbet Matarakyatmu.com menjelaskan bila indikasi korupsi dapat dirujuk mulai dari petunjuk tehnis jumlah yang harus diterima kelompok tani. Selain itu, luas areal tanam kelompok tani tidak sesuai realisasi,

Hingga berita ini tayang belum diperoleh konfirmasi. Saat berusaha diklarifikasi ke Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kab. Bone, Sunardi Nurdin, jam kantor telah berakhir.

Liputan : Ifa

Komentar

News Feed