oleh

Tangkap! Pelaku dan Otak Pungli di Poros Pallangga

-Daerah-1.445 views

MATARAKYAT-GOWA | Pungutan Kebersihan dan Keindahan dilakukan Pemkab Gowa jadi buah bibir pengemudi dan pengusaha angkutan. Tim saber pungli diminta menangkap pelaku.

Jika melihat tarif pungutan tersebut terbilang recehan jika dikalikan jumlah angkutan barang yang melewati lajur jalan poros Pallanga maka bisa bombastis tiap hari.

Harga kebutuhan pokok terkadang menjulang tinggi akibat banyaknya pungutan-pungutan illegal di sepanjang jalan dan terkadang dinilai resmi.

Padahal beberapa waktu lalu, pungutandi jalan raya berlindung Perda setempat telah dicabut bahkan retribusi jembatang timbang pun dibredel.

Aneh, praktek pungutan liar masih terjadi bahkan terkesan ada pembiaran seperti pada lokasi dimaksud di atas. “Terkadang kami harus menanggung pungutan itu sebab bos tidak mau tau ada pungutan diberlakukan di poros Pallangga,” ujar Amir seorang sopir angkutan barang.

Sementara Supriadi, masih sopir barang tujuan Bulukumba meminta agar pungutan tersebut dihentikan jika memungkinkan diharap tim saber pungli dapat menangkap pelaku dan atasannya, ujar Adi, panggilan rekan sejawatnya sesama sopir.

Diketahui bila penarikan retribusi dalam bentuk apapun tak boleh dilakukan di sepanjang jalan terkecuali, terminal, pelabuhan, parkir. Itupun harus menyiapkan sarana. Sebab penarijan retrubusi bisa dilakukan dengan pemberian fasilitas kepada warga dan pengusaha. Nah, bagaimana tim saber pungli?

Liputan : Edho/ ulla

Komentar

News Feed