oleh

Pengusaha Angkutan Minta Operator Taxi Online Patuhi Putusan MA

MATARAKYAT-MAKASSAR  | Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) ke-3 dengan Tema Mencari Solusi Terbaik Pengaturan Taksi Online Pasca Putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 37P/HUM/2017.

Putusan MA tersebut memerintahkan Menteri Perhubungan  mencabut 14 pasal dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 26 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek yang digugat oleh para pemohon.

Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan, Ilyas Iskandar mencoba mencari kesepakatan bersama dengan mencoba membicarakannya ke pemerintah

“Kalau bisa diakomodir memudahkan dari pada setengah mati ngaturnya begini, sebentar ada lagi keputusan baru di komplain lagi putusan MA, apakah harus  begini begini terus.

“Makanya saya minta jadi kewenangan Provinsi saja kalau bisa” Ujar Ilyas Iskandar

Ketua Asosiasi Angkutan Umum Burhanuddin menuding Pemerintah tidak fair dalam menjalankan regulasi.

Menurut eks pemain Makassar Utama ini, sebenarnya pembahasan hari ini yang terkait dengan keputusan MA itu sederhana saja. Bahwa jelas PM 26 2017 semua aplikasi berbasis teknologi itu bekerjasama dengan angkutan umum yang berbadan hukum.

Kenyataannya sekarang adalah selama pasca aturan itu dikeluarkan pemerintpenyelenggara dalam hal ini operator taksi online  tidak mengikuti.

Keberadaan Taxi online, kata Bur, wajib menyelenggarakan kerjasama dengan angkutan umum berbadan hukum, cuma kenyataannya sekarang ini, bahwa angkutan online bertindak sebagai penyelenggara yang monopoli.

Lebih jauh dikatakan,  aturan pemerintah menetapkan kuota tarif  mereka tidak patuhi sedangkan disisi lain  sebagai Taxi konvensional menjalankan aturan dengan konsisten, ini yang menimbulkan permasalahan.

Bukan ekonomi kerakyatan yang terbangun bangun justru mematikan ekonomi sepihak. Angkutan umum sekarang, masih komentar Burhanuddun, dalam keadaan colapse dan kenyataan sekarang dari 14 perusaahaan taxi sekarang tinggal 2 yang beroperasi secara sehat Bluebird dengan Bosowa.

Liputan : Noya

Komentar

News Feed