oleh

Warga Towuti Krisis Air Bersih, ini Masalahnya

MATARAKYAT_LUTIM – Warga Kecamatan Towuti, kabupaten Luwu Timur keluhkan krisisnya pasokan air bersih selama dua hari.

Ini diakibatkan beberapa titik pipa jaringan air bersih bocor, bahkan terputus diwilayah bendungan desa Asuli, kecamatan Towuti, yang disebabkan kelalaian operator excavator.

“Sudah dua hari ini air tidak mengalir, saya lihat disana ada pipa bocor, mungkin pipanya bocor waktu digali excavator,” ungkap Rensi warga desa Asuli, kepada Matarakyatmu.com, Kamis (07/09/17).

Dari pantauan media ini, excavator tersebut milik PT Sawerigading yang beroperasi melakukan penggalian saluran pemasangan pipa baru atau tambahan dilokasi tersebut untuk membantu pasokan air di kecamatan Towuti, namun operator excavator tidak mengetahui jika di area tersebut ada beberapa pipa air bersih yang aktif mengalir ke pemukiman warga.

Sementara itu, karyawan PT Sawerigading Jaya karyawan mengatakan, dua hari yang lalu digali. itu operator tidak tahu persis kalau ada pipa air disini pak. Pengawas juga sudah sampaikan ke operator untuk pelan-pelan jangan sampai kena, tapi tetap juga kena pak, ungkapnya.

Menanggapi keluhan warga, Alimuddin Nasir selaku camat Towuti langsung meninjau kelokasi dan membenarkan kejadian itu.

“Memang ada beberapa pipa dari penampungan yang bocor dan putus, saya sudah menyampaikan ke pihak pengelola yakni PT.Vale, saya juga sudah mengintruksikan kepada kontraktornya agar dibenahi secepatnya, agar air bisa mengalir kembali ke rumah-rumah warga di area ini,” ungkanya, saat ditemui dilokasi pengerjaan, Kamis (07/09/17).

Alimuddin juga menambahkan, pihak pengelola dan kontraktor yang sementara bekerja disini, siap segera melakukan perbaikan.

Liputan: Harding | Editor: Zhakral.

Komentar

News Feed