oleh

Jaminan Keselamatan Ditentukan Kesiapan Perlengkapan Jalan Berkualitas

MATARAKYAT-PADANG | Kehadiran Balai Pengelola Traansportasi arat di 25 provinsi di Indonesia membawa hawa baru terhadap tata kelola transportasi darat di Indonesia.

BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) wilayah III Sumateta Barat contohnya, sejak kehadirannya kurang lebih 2 bulan telah memberikan warna tersendiri dalam penanganan lalu lintas dan angkutan darat.

Dimulai dari tahap perencanaan penanganan jangaka pendek,  menengah, panjang sampai pada tahap implementasi dan pengawasa terkoodinasi secara apik dengan stakeholder terkait.

“Saya memang saat ini terus melakukan pembenahan dan koordinasi dengan seluruh stakeholder di Sumateta Barat,” ujar Ariyandi sapaan akrab Ka.Balai Sumbar ini,  Lanjut dijelaskan, saat ini saya konsen betul pada keselamatan pengguna jalan olehnya saya terus melakukan pengawasan terhadap perlengkapan jalan baik yang sudah maupun baru dipasang,  marka jalan contohnya, kalau tidak memenuhi standar kualitas yg dipersyaratkan maka pada malam hari pengguna jalan tidak dapat merasakan manfaatnya

Bahkan, ujar Aryandi, bisa mengalami kecelakaaan pada daerah yg kurang penerangan jalannya. Khan marka itu harus memantulkan cahaya karrna bahan dasarnya mengandung bahan reflektif, olehnya saya akan menjaminkan semua marka yang terpasang harus memenuhi standar dan akan kita uji dengan menggunakan alat uji marka jalan tegas Ariandy yang juga Alumni STTD Bekasi

Dari pantauan di lapangan ditemukan kalau marka yang terpasang melalui anggaran Satker Perhubungan Darat Sumbar yg saat ini langsung berada di bawah Balai pengelola tranaportasi darat telah dilakukan uji dan hasilnya menunjukkan bahwa sudah diatas standart berdasarkan Peraturan Direktorat Jenderal Perhungan Darat No: SK.7234/AJ.401/DRJD/2013 tentang Petunjuk Teknis Perlengkapan Jalan, seperti marka jalan untuk jalan Nasional minimal harus memiliki tingkat retroreflektifnya 200 mcd/m2/lux pada umur 0-6 bulan setelah aplikasi

Kepiawaian Kepala Balai Sumbar juga telah teruji, sejak menapakkan kaki di bumi Minangkabau ini ariyandi yang juga salah satu putra daerah telah membangun koorsinasi yang baik.

Hal ini terlihat dari rencana pelaksanaan kegiatan Hari Perhubungan 2017 di Sumbar akan dilakukan upacara akbar. Insyaallah nanti kami akan lakukan kegiatan secara bersama sama dan dijawalkan Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat akan hadir sekaligus akan membagikan beberapa perlengkapan jalan kepada para Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten dan kota untuk embantu dalam pelaksanaan tugas para petugas di lapangan.

Kami berharap bahwa tata kelola transportasi darat di sumbar akan lebih baik kedepan, tentu dukungan dari seluruh stake holder dan jajaran perhubungan darat khusunya. Tugas ariyandi.

Liputan ; BN

Komentar

News Feed