oleh

Diancam, Ketua KPK Akan Dipolisikan Panitia Hak Angket

MATARAKYAT-JAKARTA | Kalangan DPR terutama komisi III menilai KPK menunjukkan sikap abuse of power dan megancam akan memenjarakan wakil rakyat di keanggotaan panitia hak angket, menuai perlawanan. Ketua KPK Agus Raharjo balik akan dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri.

Perseteruan panitia hak angket dengan komisioner KPK terus berlanjut. Kabar teranyar, KPK menilai sikap Komisi III DPR RI yang ngotot melanjutkan hak angket adalah upaya menghalangi penyidikan dan akan menjerat seluruh anggota panitia hak angket.

Tak terima, panitia hak angket DPR justeru akan melaporkan Agus Raharjo dan Polisi siap menindaklanjuti. Polri akan memproses laporan Anggota Komisi III DPR RI yang merasa di ancam oleh Ketua KPK Agus Raharjo beberapa waktu lalu.

Meski belum mengetahui laporan Komisi III DPR RI, Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Rikwanto mengatakan, Polri akan menerima dan memproses semua laporan masyarakat termasuk Anggota Komisi III DPR RI.

“Pada prinsipnya semua orang sama kedudukannya dimata hukum, Polri akan menerima, menganalisa laporan tersebut apakah memenuhi unsur pidana”, kata Rikwanto kepada wartawan termasuk inilah.con disela-sela acara Diklat Komunikator Politik di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu (9/9/2017).

Rikwanto menambahkan, Polri akan memanggil semua pihak yang terkait mulai dari pelapor dalam hal ini Anggota Komisi III DPR RI, saksi dan terlapor Ketua Ketua KPK Agus Raharjo.

“Jika hasil analisa laporan tersebut cukup unsur dan pelapor menuntut masalah ini diperkarakan, Polisi tidak bisa menolak. Kita tunggu laporannya” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi III DPR RI berencana akan melaporkan Ketua KPK Agus Rahardjo, yang menyebut dan mengancam akan menjerat seluruh Anggota Pansus Hak Angket DPR untuk KPK dengan pasal 21 UU Tipikor, karena dianggap menghalang-halangi proses penanganan kasus E-KTP.

Wacana ini semakin menguat di internal Komisi III DPR RI, karena aksi Agus Rahardjo di nilai abuse of power seorang pimpinan institusi penegak hukum di Indonesia. (*)

Komentar

News Feed