oleh

Dijahili Oknum Polisi, Lakukan 3 Hal ini. Biar Kapok?

-Aneka-1.310 views

MATARAKYAT |Berbagai Cerita tentang Oknum Polisi ‘nakal’ bukanlah cerita yang asing ditelinga masyarakat. Sudah sejak lama perilaku menyimpang yang muncul dari oknum Polisi menjadi arang hitam bagi kewibawaan lembaga Kepolisian.

Sehingga tak heran, bila pada saat ini POLRI tengah melakukan bersih-bersih dan membuang segala onak dan duri di dalam tubuh Polri. Butuh waktu dan strategi serta bantuan dari masyarakat agar kiranya Polri dapat semakin baik kedepannya. Hal tersebut merupakan hal yang wajar, ibarat seseorang yang akan memutihkan kulit, tentu tidak akan serta merta menjadi putih, harus bertahap dan memakan jangka waktu yang lama.

Polisi memiliki tugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, dan pelayanan kepada masyarakat. Polisi juga bertugas sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat. Polri semakin bergerak ke arah Polri yang Humanis, Profesional, Transparan dan Akuntabel.

Citra Polri kerap kali tercoreng oleh karena oknum polisi-polisi nakal yang merusak citra Kepolisian Republik Indonesia sehingga membuat nama polisi tersebut menjadi buruk di mata masyarakat, bahkan sampai ada yang memiliki ketakutan mendalam apabila bertemu polisi.

Tidak perlu takut, karena secara harfiahnya polisi merupakan bagian dari masyarakat yang tak ada bedanya dengan kita dan tidak perlu kita takuti apalagi jika bertemu dengan oknum polisi nakal.

Sebagai masyarakat yang baik dan untuk membantu tugas kepolisian alangkah lebih baiknya apabila kita menemukan polisi nakal tersebut

segera melaporkannya ke Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (PROPAM) yang merupakan salah satu wadah organisasi Polriberbentuk divisi yang bertanggungjawab kepada masalah profesi organisasi Polri.

Dilansir dari propam.polri.go.id berikut ini adalah cara yang tepat dan benar apabila anda bertemu dan terpaksa berurusan dengan oknum polisi nakal yang kerap kali membuat geram karena ulahnya yang meresahkan masyarakat.

1.Segera Catat Nama, Pangkat Dan Kesatuan anggota Polisi Nakal tersebut, Kemudian Laporkan Ke Bidang Propam Atau Menghubungi Divisi Propam Polri.

2.Kunjungi www.propam pori.go.id

3.Klik Dan Pilih Pengaduan Masyarakat, Kemudian Isi Formulir.

“Divisi PROPAM POLRI dapat menyediakan layanan pengaduan masyarakat dan informasi perkembangannya yang dapat disampaikan serta diperoleh dengan cara datang langsung ke SENTRA PELAYANAN PROPAM, melalui surat, Short Messages Service (SMS), email, facebook propam.polri, twitter@propampolri, maupun akses secara langsung melalui website www.propam.polri.go.id.” kutipan sambutan Kepala Divisi Propam Polri Inspektur Jendral Polisi Drs. Martuani Sormin, M.Si.

Tidak perlu takut identitas anda sebagai pengadu akan tersebar, karena polri menjamin akan menjaga identitas warga yang melapor. “Jangan biarkan ada oknum masyarakat menyuap, jangan biarkan ada oknum Polri menerima suap.” demikian imbauan Mabes Polri.

Langkah ini sah secara hukum untuk melindungi kebenaran.Tidak perlu ada yang ditakutkan jika anda menemui oknum polisi nakal. Laporkan segera ke Propam, karena selama ini propam selalu bekerja dengan baik dan tepat sasaran. Langkah ini adalah langkah yang sangat tepat karena Propam dapat diandalkan masyarakat dalam membasmi oknum Polisi Nakal yang tidak bertanggung jawab.

Sumber : http://www.propam.polri.go.id

Komentar

News Feed