oleh

Jempol Buat Yankestrad Puskesmas Turikale Dari Kemenkes RI

MATARAKYAT – MAROS,–|Program Yankestrad (Pelayanan Kesehatan Tradisional) Puskesmas Turikale, mendapat apresiasi Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementrian Kesehatan RI DR. dr. Ina Rosalina, S.P.A (K) M. Kes, MH Kes

Ina mengacungkan jempol dan berharap program ini terus dikembangkan, “Mohon dikembangkan, agar menjadi percontohan dari 14 Puskesmas di Maros bahkan di Sulsel,” kata dia, berharap agar Puskesmas Turikale dapat ikut lomba tingkat Nasional.

Pengelolah Yankestrad Puskesmas Turikale Fitrawati, Amd, Ft mengatakan, pelayanan kesehatan tradisional merupakan pelayanan yang dilakukan di dalam gedung dan luar gedung. “Pelayanan luar gedung dilakukan dengan berkunjung ke posyandu, pembinaan kader asuhan mandiri toga dan akupresur dalam mengatasi kasus ringan di masyarakat, serta kunjungan ke sekolah” kata Fitra.

Selain melakukan sosialisasi pola hidup sehat, selama dua tahun kegiatan ini berjalan semua posyandu dan sekolah di wilayah Turikale telah dikunjungi.

Meski semua Puskesmas di Maros telah melakukan program yang sama, namun untuk Puskesmas Turikale sendiri memasuki tahap pembinaan lanjutan.

“Kami sering di kunjungi tim dari Kemenkes RI dan mereka telah melihat program yankestrad (pelayanan kesehatan tradisional) secara langsung di Puskesmas Turikale,” kata Fitra.

Fitra menambahkan, Tahun 2015 Puskesmas Turikale meraih juara 2 Lomba Toga, tingkat Propinsi Sulawesi Selatan,  hal itu tercapai atas dukungan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Kesehatan Maros dan Kepala Puskesmas Turikale Hj. A. Rasmawaty Rasjid, SKM. M. Kes.

Liputan : Jumadi

Komentar

News Feed