oleh

Pengakuan Kapolda, Jatim Bebas Peredaran Pil Zombie

MATARAKYAT | Masyarakat Indonesia, tiba-tiba terhenyak kaget ketika Balai POM dan aparat hukum membongkar oeredara obat terlarang PCC atau dikenal pil Zombie. Dari beberapa daerah, ada pengakuan bila di Jawa Timur, bebas dari peredaran.

Kapolda Jatim Irjen. Pol. Machfud Arifin menyatakan di Jawa Timur belum ditemukan obat terlarang parasetamol, caffeine dan carisoprodol (PCC). Hal tersebut seiring dengan maraknya pemberitaan di media massa, yang baru-baru ini publik dikejutkan dengan banyaknya korban penyalahgunaan obat terlarang di Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Sampai sekarang kok belum ditemukan. Mudah-mudahan di Jatim aman lah ya,” ungkapnya usai menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka operasi aman suro di Madiun, Senin (18/9/2017).

Dalam situs resmi yang dilansir di www.pom.go.id, untuk menghindari penyalahgunaan obat maupun peredaran obat ilegal, diperlukan peran aktif seluruh komponen bangsa baik instansi pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat.

Badan POM RI bersama Kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) serta instansi terkait lainnya telah sepakat untuk berkomitmen membentuk suatu tim Aksi Nasional Pemberantasan Penyalahgunaan Obat yang akan bekerja tidak hanya pada aspek penindakan, namun juga pada aspek pencegahan penyalahgunaan obat. Pencanangan aksi tersebut direncanakandilaksanakan pada 4 Oktober 2017.

Komentar

News Feed