oleh

Deng Ical-Appi Pesaing Danny Pomanto di Pilwali Makassar

-Politik-1.122 views
MAYARAKYAT-MAKASSAR | Gong Pilwalkot Makassar trus ditabuh, gaungnya pun terdengan mulai dari kalangan akar rumput hingga pranata sosial tingkat atas. Dari emperan tokoh, warkop hingga akademisi serta pengamat politik muncalkan analisis plus minum kandidat.Nama incumbent Danny Pomanto masih diunggulkan banyak pihak lawan tanding sepadam jadi asik didiskusikan.
Setidaknya dua tokoh jadi pesaing masing-masing Syamsu Rizal (Deng Ical) dan Munafri Arifuddin (Appi) dianggap calon kuat penantang petahana Moh Ramdhan Pomanto pada Pemilu Wali Kota Makassar 2018. 
“Dari elektabilitas setelah Petahana tertinggi, Daeng Ical berada diposisi kedua, jadi secara kajian data hingga saat ini, Daeng Ical-lah penantang serius Danny Pomanto,” sebut Suwandi, seorang pengamat politik di Makassar.

Agar bisa mengimbangi petahana, Daeng Ical perlu menyatukan kekuatan dengan figur yang kuat pula dengan memiliki kekuatan politik yang sama.

Syamsu Rizal yang kini menjabat Wakil Wali Kota Makassar dikenal dari bagian gerbong politik mantan Wali Kota Makassar dua priode, Ilham Arief Sirajuddin.

Bila dilihat idealnya menyatukan dua kekuatan besar yakni Gerbong Bosowa grup dan Kalla Group yang diketahui mempersiapkan Munafri Arifuddin (Appi) menjadi bakal calon, maka akan terbangun kekuatan politik  diantara mereka

Menurut Suwadi, kekuatan Daeng Ical terletak pada personalitinya dikenal cukup merakyat, ramah, dan berada digerbong politik yang tergolong kuat di Kota Makassar.

Sedangkan Appi adalah seorang pengusaha sukses dan saat ini menjadi CEO PSM Makasssar bahkan memiliki gerbong politik nasional dengan kehadiran Bosowa group dan Kalla group yang sangat berpengaruh kepada elit politik nasional.

Kenapa kubu Daeng Ical perlu bersatu dengan kubu Appi?, Sebab mengingat sang petahana tergolong kuat, yang saat ini dianggap Wali Kota sedang naik daun.

Sejumlah prestasi pun disuguhkan kepada masyarakat sehingga mendapat dukungan electoral atau elektabilitas yang tinggi, sebagai apresiasi dari masyarakat Kota Makassar kepada  Danny Pomanto.

“Untuk itu, diperlukan kekuatan koalisi partai lain seperti gerbong Golkar maupun NasDem yang kini berkoalisi di Pilgub sulsel dengan mengajak bersatu melawan petahana pada Pilwali Makassar 2018 nanti,” ulas Suwandi seperti ditulis antarasulsel.com.

Bagi Danny Pomanto, dukungan Partai Politik terus mengalir ke Moh Ramdhan Pomanto seperti dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) telah memberikan rekomendasi usungan.

Tapi, bukan sedikit Parpol menyatakan perlawanan terhadap Danny Pomanto bahkan secara terang benderang Ketua DPW Nasdem Sulsel, RMS mengajak koalisi partai besutan Surya Paloh ini melawan penguasa kota di Pilwali. (Yudhi)

Komentar

News Feed