oleh

Mengenal Sosok Calon Wali Kota Makassar (1)

-Sosok-645 views

Dr.H. Syamsu Rizal MI, S.Sos, M.Si atau yang biasa akrab disapa dengan Deng Ical adalah wakil walikota Makassar sejak 8 Mei 2014 bersama dengan Danny Pomanto. Pria kelahiran Selayar30 Juni 1973 keluar sebagai pemenang Pemilihan umum Wali Kota Makassar 2013 diusung oleh (Partai Demokrat dan PBB) setelah menungguli 9 kandidat lainnya dengan persentase perolehan suara 31,18% atau sebesar 182.484 suara.

Dr. H. S.Sos. M.Si.
Syamsu Rizal
Wakil Wali Kota Makassar
Petahana
Mulai menjabat
8 Mei 2014
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Joko Widodo
Gubernur Syahrul Yasin Limpo
Didahului oleh Ilham Arief Sirajuddin
Informasi pribadi
Lahir Syamsu Rizal MI
30 Juni 1973 (umur 44)
SelayarSulawesi Selatan
Kebangsaan  Indonesia
Suami/istri Mellia Fersini
Anak * Mahadewi Arsy Az-Zahra Putrizal
* Mahadewa Al-Faruqi Ibnu Rizal
* Mahadeenah Al Farabby Ibnu Rizal
Orangtua Drs. Marzuki Ibrahim (Ayah)
Sitti Saerah (Ibu)
Alma mater Universitas Hasanuddin
Pekerjaan Dosen Komunikasi Unhas
Palang Merah Indonesia
Agama Islam

Deng Ical (Ketua Harian IKA FISIP) bersama Bupati Kab.Bone, Andi Fashar Padjalangi (Ketua Umum IKA FISIP) dalam Temu Alumni Nasional Unhas 2016

Tidak hanya dikenal sebagai politisi muda, Deng Ical yang acap kali terjun dalam aksi kemasyarakatan sehingga image tokoh kemanusiaan juga melekat dalam karakternya. Sosok yang dikenal aktif dan penuh semangat ini senantiasa mengisi harinya dengan kegiatan yang penuh manfaat bagi orang banyak [1]. Tidak mengherankan, karena Deng Ical merupakan aktivis dengan pengalaman di organisasi mahasiswa, kepemudaan, profesi serta organisasi kemasyarakatan lainnya. Sebagai seseorang yang lekat dengan dinamika keorganisasian, Deng Ical juga cukup dekat dengan elemen Pemuda Kota Makassar. Selain keseharianya sebagai Wakil Wali Kota Makassar, dengan statusnya yang juga sebagai seorang Dosen membuatnya aktif dalam seminar dan diskusi baik sebagai pemateri maupun peserta.

Hal yang unik dari statusnya sebagai seorang Kepala daerahDeng Ical yang mengaku lahir dari “keluarga sangat biasa-biasa saja“, tidak pernah bermimpi menjadi Wakil Wali Kota Makassar. Terinspirasi dari Ayahnya, (Drs Marzuki Ibrahim) yang sering memberikan ceramah agama, cita-cita awal Deng Icaladalah menjadi seorang Ustaz, kemudian InsinyurWartawan dan terakhir, dia bercita-cita menjadi seorang Guru.

Sebagai seorang politisi, karier Deng Icaltermasuk cukup pesat sebelum akhirnya terpilih menjadi seorang kepala daerah. Berbekal pengalaman organisasi dan kedekatannya dengan masyarakat, dia terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Makassar periode 2004-2009. Meski pada periode setelahnya tidak berkesempatan duduk menjadi anggota Legislatif, dengan jiwa sosial yang dipunyai, dia malah dipercaya menjadi Ketua Palang Merah Indonesia Kota Makassar hingga saat ini.

PendidikanSunting

KeluargaSunting

Keluarga Syamsu rizal.jpg

Orang Tua

  • Ayah : Drs. Marzuki Ibrahim
  • Ibu : Sitti Saerah

Istri

  • Mellia Fersini, SE

Anak

  • Mahadewi Arsy Az-Zahra Putrizal
  • Mahadewa Al-Faruqi Ibnu Rizal
  • Mahadeenah Al Farabby Ibnu Rizal

Saudara

  • Agus Ramadhan
  • Moh Roem
  • Nur Rahmah
  • Mohammad Fadlih
  • Zulfikar Marzuki
  • Mohammad Johdan

Komentar

News Feed