oleh

Curang! Pilkades “Tabrak” Peraturan Bupati

-Daerah-1.102 views

MATARAKYAT-BANGKEP | Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tataba, Kec. Buko, Banggai Kepulauan dinilai curang sebab membuat aturan neko-neko yang tidak dipersyaratkan di Peraturan Bupati. Anehnya, syarat mutlak pada Perbup justeru tidak dilakukan.

Menjadi pelaksana Pilkades harus taar regulasi bukan bukan bertindak atas kemauan dan pemikiran sendiri hingga calin-calin tertentu digugurkan dengan tendensi pribadi seperti calon yang dinyatakan lolos ada ikatan kekerabatan.

Itulah terjadi disana, tiga peserta dinyatakan gugur karena tidak bisa baca Al Quran yang ditentukan oleh Kepala KUA Boko. Padahak aturan ini tidak temaktub dakam Perbup No.52 Tahun 2017.

Anehnya, kelengkapan calon lain seperti incumbent tidak memeberika LPJ secara berturut-turut seperti ditentukan dalam Perbuo tersebut justeru diloloskan. Itu pun hanya melampirkan tanda terima ditulis tangan salah seorang Kabid BPMPD Banggai Kepulauan bernama Hartini.p

Tiga kandidat digugurkan panitia masing-Syahrir Rasid kepada wartawan media ini menyampaikan kekesalan atas kinerja panitia Pilkades, S.Muhammad, yang menggugurkan mereka dengan aturan yang tak ada Perbup No. 57 / 2017. “Aturan dibuat KUA yang bukan panitia dan berseberangan dengan Perbup,” ujar Syahrir.

Aneh, kata Syahrir sebab ada calon yang jelas-jelas melanggar aturan dibiarkan lolos mengikuti tahapan Pilkades. Lolosnya, mantan Kepala Desa yang diduga tidak membuat Laporan Akhir Masa Jabatan karena memiliki hubungan kerabat dengan oknum panitia Pilkades setempat. “Calin yang loloas hanya melampirkan tanda terima tulisan tangan tanpa cap yang menjadi ketentuan tapu tidak dilakukan panitia,” ujar ketiganya.

Mereka juga menyesalkan.sikap Ketua kredibilitas dan independensi sebagai pengawas justeru mengeluarkan rekomendasi kepada calon tak bersyarat sesuai Perbup.

Ketika calon gagal dimaksud secara tegas meminta Bupati Banggai Kepulauan, H.Zainal Mus untuk menganulir hasil Pilkades desa mereka.

Laporan : Tommy

Komentar

News Feed