oleh

Jago Merah “Ngamuk” Toko Jaya Sentosa Ludes

-Daerah-1.153 views

MATARAKYAT, GOWA | Dalam kurun waktu seminggu terakhir, telah dua kali musibah kebakaran melanda Kabupaten Gowa. Setelah ruko di jalan Poros Malino, kini Si Jago Merah kembali beraksi melahap Toko Jaya Sentosa sore tadi. Sabtu (23/09/17)

Ruko yang berada di tengah kota Sungguminasa ini berhasil menyita perhatian masyarakat, pasalnya letak ruko tersebut berada di perempatan jalan antara Museum Balla’ Lompoa dan Polres Gowa, tepat di samping Columbus.

Kebakaran bermula pada sore hari, sekira pukul 17:10 WITA, diduga api berasal dari Lantai 2 lalu merembes ke seluruh ruangan, hingga menghabiskan barang dagangan toko tersebut.

Sekitar setengah jam kemudian Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gowa mendapatkan info, lalu menurunkan 4 unit armada dan tiba di lokasi sekitar 30 menit terjadinya kebakaran, damkar Gowa sempat kewalahan karena kurangnya suplai air, hingga menghubungi Damkar Makassar untuk ikut membantu, 10 unit diturunkan hingga api betul-betul padam.

Karyawan Ruko tersebut juga tidak mengetahui dengan pasti penyebab kebakaran itu, karena menurutnya pada waktu itu, ia bersama kedua rekannya berada di lantai dasar ruko tersebut. “Tidak kutau juga karena saya di bawah, sementara api dari atas, kemungkinan apinya dari lantai tiga.” Jelas Karyawan tersebut dalam keadaan panik

Kepala Seksi OPS. DAMKAR Gowa, Samsul Bahri mengaku mendapat laporan warga sekitar kurang lebih pukul 17:15 WITA lalu mempersiapkan segala peralatan, lalu tiba lokasi sekitar 17:30 WITA dengan membawa 4 unit armada.

Rustam yang juga Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gowa juga mengaku “Info masuk sekitar jam 17:15 WITA lalu jam setengah enam (17:30 WITA) tiba di lokasi dengan menurunkan 4 unit, karena keterbatasan jadi kami hanya memadamkan api dari luar saja karena suplai air menipis sehingga penyelesaiannya agak lambat.
Kemudian untuk mencegah api merembes ke ruko sebelah, kami menghubungi Damkar Makassar, karena itu sudah ada kesepakatan sebelumnya antara DAMKAR GOWA dan DAMKAR MAKASSAR, kebakaran ini diduga karena korsleting listrik” jelasnya

Salah satu petugas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Pangestu, sesaat setelah keluar dari kobaran api, ia menduga api berasal dari lantai dua, bukan lantai 3, karena kobaran api yang besar berasal dari situ. “Menurutku dari lantai Dua (2), karena api yang besar dari situ, saya dengar info juga dari lantai Tiga (3), tapi saya melihat kemungkinan besar dari lantai dua” Jelasnya dalam keadaan basah kuyup

Sekitar 19:45 WITA api berhasil dijinakkan, namun kerugian diperkirakan ratusan juta hingga milyaran rupiah. (*)

(Edho/Ullah)

Komentar

News Feed