oleh

Over Loading Dominasi Pelanggaran di Jembatan Timbang

MATARAKYATMU_MAROS | Kementerian Perhubungan resmi melakukan penindakan pelanggaran lebih muatan dan dimensi di 26 UPPKB percontohan se Indonesia. Sabtu (30/9).

UPPKB Maccopa Maros adalah salah satu yg dioperasikan untuk melakukan pengawasan terhadap OVER LOADING dan dimensi.

Hari ini kita sudah resmi memulai penindakan yg selama ini kami hanya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pengemudi dan pemilik.

Setelah dilakukan pantau secara langsung dilapangan rata rata pelanggaran adalah lebih muatan (OVER loading), ada juga pelanggaran dimensi seperti tinggi dan jujur belakang (Rear Over hang/ROH).

“Tadi saja ada sekitar 16 tilang dan rata rata over load, ada juga pelanggaran dimensi seperti kendaraan pengangkut mobil”. Ujar Benny Nurdin yg juga Mantan Ketua DPD IPKBI Sulselbar.

Lanjut Benny, sampai saat ini pengusaha dan pengemudi rata rata melakukan pelanggaran, oleh karena itu, momen ini akan dijadikan sebagai langkah awal penyadaran.

Jelasnya saat ini masih dilakukan penindakan standar melalui surat tilang, akan tetapi kedepan setelah mengidentifikasi permasalahan dari jenis pelanggaran maka akan kami lakukan pembongkaran dan atau tidak melanjutkan perjalanan dan bahkan sampai pada mengkandangkan kalau memang tingkat pelanggarannya sudah luar biasa.

“Kalau pelanggarannya luar biasa ya, harus penindakannya luar biasa juga” sambung benny.

Bayangkan saja truk 10 roda yg JBI nya hanya 21 ton setelah ditimbang rata rata 35 s/dan 42 ton. Ini kan sudah KLB atau kejadian luar biasa ujar benny yang langsung memimpin penindakan yg di dampingi salah satu pejabatnya Bahar latif.

Sebagai Kepala BPTD yang baru berusia 2 bulan 9 hari, terus melakukan pembenahan khususnya perubahan paradigma internal di UPPKB Maccopa. Buktinya saat ini wajah jembatan Timbang Maccopa sudah jauh lebih asri ditambah penerangan yg baik.

“Sekarang baikmi pak karena sudah direnovasi dan sudah sangat layak mi” ujar Abdul Azis yg juga merangkap sebagai koordinator Jembatan Timbangan.

Olehnya Benny berpesan kalau sudah baik dan asri jangan lagi dikotori dengan penyakit pungli. Benny berjanji kalau ada yg coba coba pungli akan di Papuakan alias langsung mutasi ke Papua disambut tawa para petugas.

Sebagai tanda bahwa pemberlakuan penindakan terhadap pelanggaran tata cara pemuatan dan persyaratan teknis dan laik jalan, hari Senin tanggal 2 oktober akan dilakukan launching.

Tambahnya, Memang kami ingin bahwa kegiatan ini lebih tersosialisasi dengan baik dan masif, karena hasil sosialisasi kami beberapa bulan ini termasuk penyampaian selebaran himbauan kepada pengemudi seolah belum membuahkan hasil maksimal, olehnya besok kami mengundang stakeholder termasuk teman teman media dan para pelaku usaha angkutan barang dan karoseri untuk hadir dan menyaksikan launching penindakan.

“Mereka ini adalah pelaku dan pemberi andil terhadap pelanggaran dimensi dan muatan lebih (overloading) di Jembatan Timbang. dalam kegiatan ini juga kita akan berikan penghargaan kepada teman teman media yg konsen menyuarakan keselamatan jalan”. Tutur benny.

Liputan : Yudhy

Komentar

News Feed