oleh

5 Efek Kesehatan Tubuh Saat Mengkonsumsi Nenas

MATARAKYAT | Buah nanas di wilayah tropis seperti Indonesia sangat mudah dijumpai dengan harga yang terjangkau.  Membiasakan untuk mengonsumsi buah tersebut ternyata memberi efek yang cukup berpengaruh pada tubuh dan kesehatan lho.

Walau ada banyak mitos seputar menyantap nanas, namun fakta kesehatan membuktikan bahwa kandungan nutrisi buah tersebut memberi banyak kebaikan bagi tubuh.

Berikut ini beberapa efek positif yang dapat dirasakan jika Anda sering mengonsumsi nanas seperti dilansir laman brightside.me:

Melangsingkan

Nanas mengandung enzim bernama bromelain dengan kemampuan menstimulasi pencernaan untuk bekerja lebih baik. Hal itu membuat sistem pencernaan lancar, membantu mengatasi sembelit dan membuang berbagai kotoran dalam usus. Kondisi ini dalam jangka panjang baik bagi proses pelangsingan tubuh.

Kesehatan jantung

Lagi-lagi enzim bromelain pada nanas membantu tubuh untuk terhindar dari peradangan atau inflamasi. Kondisi ini baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Adanya vitamin C dalam nanas mendukung fungsi tersebut, dan membantu juga produksi kolagen dalam tubuh termasuk di pembuluh darah.

Kesehatan mata

Nanas juga memiliki kandungan vitamin A, selain C dan beta karoten. Ini semua dibutuhkan untuk merawat kesehatan mata sehingga resiko terjadinya masalah mata akan berkurang.

Kesehatan tulang

Adanya kalsium serta magnesium sebagai mineral yang penting bagi tubuh, juga bisa dijumpai di nanas. Apabila Anda minum jus nanas satu gelas tiap hari, maka kebutuhan mineral seperti mangan, sudah 70 persen terpenuhi.

Cegah stroke

Ada pula kalium dalam nanas yang dikenal sebagai nutrisi pencegah naiknya tekanan darah, serta mencegah stroke. Kalium juga menghindarkan dari infark miokard atau terhentinya aliran darah dari arteri koroner, sehingga pasokan oksigen berkurang.

Masih banyak lagi manfaat nanas bagi kesehatan, yang dapat Anda peroleh dengan konsumsi secara rutin.

Komentar

News Feed