oleh

Pajak Buku dan Penulis Harus Dihapus. Ini Pertimbangannya?

MATARAKYAT- MAKASSAR | Penerikan pajak bagi penulis dan buku yang diterbitkan pengusaha buku di Sulsel minta segera dihapus sebab pemerintah tak memberikan konstrubusi positif.

Ketua Join Kota Makassar Bachtiar Adnan Kusuma yang juga pelaku perbukuan nasional, mendapat kunjungan khusus Bagi Bachtiar AK, pajak buku harus dihilangkan.

Selain merugikan para pelaku dan pekerja perbukuan nasional, juga dengan pajak buku telah melilit para pekerja dan pengusaha buku yang selama ini negara juga belum optimal memberikan perhatian tumbuhnya ekosisten perbukuan di Indonesia.

Para penulis, pengarang, penerbit, percetakan telah dikenakan pajak personal oleh negara, kok buku dan penulis juga harus dikenakan pajak. Padahal, kata Sekjend Asosiasi Penulis Profesional Indonesia Pusat ini, dalam banyak hal negara tak hadir di tengah para penulis buku tatkala mengalami kesulitan dalam mewujudkan tulisannya menjadi buku.

Bachtiar AK memoertanyakan, mengapa Malaysia mampu menghilangkan pajak buku sekaligus negara mensubsidi buku-buku bermutu bagi para penulis yang dilahirkannya, mengapa kita Indonesia sangat jauh tertinggal?

Karena itu, Badan Bekraf, Menteri Keuangan dan Menteri Pendidikan seharusnya memberikan masukan kepada Presiden Jokowi agar pajak penulis, pajak buku dihilangkan.(Arman)

Komentar

News Feed