oleh

Rawan Banjir, BPBD Luwu Utara Lakukan Pemantuan

MATARAKYAT, LUWU UTARA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara, hingga Senin (16/10/2017) kemarin, masih terus melakukan pemantuan beberapa titik lokasi yang kerap menjadi penyebab terjadinya banjir di Dusun Landundou Desa Wara Kecamatan Malangke Barat (Malbar). Selasa 17/10/2017.

 

Kegiatan pemantuan lokasi titik rawan banjir itu di daerah Malanhke Barat dipimpin langsung oleh Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Luwu Utara , Alauddin Sukri.

“Kami lakukan pemantauan beberapa titik di Dusun Landundou karena wilayah ini paling sering banjir, utamanya di beberapa sekolah baik SD maupun SMP, upaya ini kita guna mencari tahu apa sebenarnya yang menjadi penyebab utama terjadinya banjir.” Ujar Alauddin Sukri.

Dijadwalkan, pihak BPBD Luwu Utara ini, akan membuat talud di sejumlah titik yang diduga sebagai sumber masuknya air, dimana pembuatan talud itu nantinya dilakukan atas dasar kesepakatan bersama, mulai dari Kepala Desa sampai ke masyarakat itu sendiri.

“Insya Allah sudah ada dukungan dari masyarakat, mereka sudah membuat pernyataan mulai dari Kepala Desa sampai kepada masyarakat lainnya,” terang Alauddin.

Proses pemantauan dilakukan dengan menggunakan Camera Drone milik Dinas PUPR, dimana Lewat alat ini, BPBD bisa melakukan pemantuan beberapa titik sumber masuknya air yang menyebabkan sering terjadinya banjir di Malbar.

“Kita menggunakan Drone milik PUPR untuk memantau titik-titik tersebut,” ucap salah seorang tim pemantau BPD, Ismar.(Ari)

Komentar

News Feed