oleh

KPU Palopo Launching Tahapan Pilkada 2018, Seperti ini Harapan Judas Amir

MATARAKYAT, PALOPO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo, secara resmi melaunching tahapan Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Palopo, 27 Juni 2018, di Gedung Saondenrae Convention Centre (SCC) Jl. Ahmad Yani,Kecamatan Wara, Kota Palopo malam tadi Rabu (18/10/2017).

Tak hanya melaunching tahapan pilkada, namun KPU Palopo juga memperkenalkan maskot serta jingle resmi pilkada serentak 2018 mendatang.

H.M. Judas Amir, Walikota Palopo dalam sambutannya, menghimbau kepada seluruh masyarakat agar ikut bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan pesta demokrasi 2018 mendatang.

Lebih jauh dikatakan oleh Judas Amir, bahwa mengingatkan pergantian Datu Luwu yang berjalan damai, beberapa tahun lalu, yang dikenal dengan peristiwa sejarah Ratona.

Menurut Judas, saat pergantian Datu Luwu saat itu, ada dua putra Datu Luwu, yang masing-masing berkeinginan menjadi penerus tahta. Karena saling ngotot, terjadilah perselisihan antara keduanya, hingga akhirnya para pemangku adat mempertemukan keduanya di Ratona, sebuah tempat di ujung selatan Kota Palopo.

“Saat itu, keduanya diberi senjata dan diminta untuk berkelahi hingga salah satu dari mereka mati. Namun akhirnya salah satu dari mereka mengalah dan menyerahkan tahta Datu Luwu dengan damai, tanpa harus ada pertumpahan darah saat itu,” kata Judas Amir.

Hal senada juga di katakan oleh Ketua KPU Kota Palopo, Haedar Jidar, yang sangat berharap sekiranya Pilkada serentak, khususnya di Kota Palopo dapat berlangsung damai, berbudaya, dan bermartabat, sesuai dengan tema ‘Mari Berpilkada yang Berbudaya dan Bermartabat.

Dari Pantuan di lapangan, launching tahapan pilkada yang di gelar oleh KPU Kota Palopo dihadiri oleh ratusan orang, baik dari kalangan masyarakat umum, TNI-AD, Polri, Ormas dan aktivis Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Palopo. (AWI)

Komentar

News Feed