oleh

Over Loading Bukti Nyata Kegagalan Dalam Mengelola Angkutan Barang Di Sulawesi Selatan.

MATARAKYATMU_MAROS  | Satu demi satu angkutan barang yang melintas di ruas jalan Nasional Makassar Parepare mulai ditertibkan di Jembatan Timbang Maccopa.

Pasca sidak Plt Dirjen Hubdat dan menyaksikan pelanggaran muatan lebih dan kendaraan yg tidak sesuai persyaratan teknis, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat wil.XIX Benny Nurdin Yusuf langsung menginstruksikan agar dilakukan pemeriksaan secara ketat terhadap kelebihan muatan termasuk kendaraan yg mengangkut tidak sesuai peruntukannya.

“Saya minta kepada petugas agar mulai membongkar atau menunda perjalanan sampai memulangkan ke asal perjalanannya terhadap kendaraan barang yg melanggar”. tutur Benny.

Kemarin saja ada 3 unit truk 3 sumbu, 1 truck pengangkut batu bara dan 2 unit pengangkut semen curah yang kami tunda perjalanannya alias ditahan. Setelah pemilik membuat surat pernyataan untuk tidak mengangkut lebih dari daya angkut atau JBI baru kami lepaskan sebagai langkah pembinaan dan efek jera tambah Benny. Yang dikonfirmasi via tlp.

Sementara Abdul koordinator UPPKB membenarkan kalau sudah ada instruksi kepala Balai. Hari ini sudah ada 3 unit kendaraan pengangkut peti kemas yg di tahan sementara di Jembatan Timbang. Pelanggarannya muatan lebih dan mengangkut tidak sesuai peruntukannya.

“Khan ini sudah jelas aturannya kalau angkutan peti kemas harus menggunakan Trailer (head tructor) tapi kita lihatmi pak kan ini truck 3 sumbu dimodifikasi jadi pengkut peti kemas. Itumi saya tahan biar pemiliknya datang dan kita jelaskan aturannya, apalagi muatannya lebih. JBI 21 ton tapi hasil timbangan 35 ton”. Tambah Azis.

Kedepan diharapkan para pengusaha dan pengguna jasa angkutan barang di sulsel bisa sadar dan patuh terhadap tonase kendaraan.

Permasalahan over loading kalau tidak ditangani secara serius maka akan memberikan kerugian yg besar terhadap Negara dan akan mengganggu kinerja keselamatan Jalan serta bisa menimbulkan kemacetan akibat kecepatan rendah karena beban yg berat dan juga karena mogok atau ban pecah.

Poros Makassar Maros sangat padat sehingga kalau ada yg mogok bisa menimbulkan antrian yang panjang ujar salah satu masyarakat yg ditemui di lokasi.

Liputan : BN

Komentar

News Feed