oleh

Soal THM di Palopo, Seperti Ini Penjelasan Walikota

MATARAKYAT, PALOPO – Pemerintah Kota bersama jajaran Polres Palopo, juga beberapa stoke holder lainnya, gelar pertemuan di Auditorium Sakotae, guna membahas pengendalian dan pengawasan Minuman beralkohol, yang beredar di toko juga disejumlah Tempat Hiburan Malam (THM) ,Kamis (26/10/17).

Pada kesempatan itu Walikota Palopo HM. Judas Amir, menuturkan, bahwa terkait dengan persoalan THM, sangat jelas ada aturan yang mengaturnya, dimana itu tertuang dalam Perpres Nomor 74 Tahun 2013 Tentang Pengendalian dan Pengawasan minuman beralkohol, demikian pula Permen Perdagangan RI Nomor 20/M-DAG/PER/4/2014 Tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol.

“ Kami selaku pemerintah mengacu pada aturan yang berlaku, terkait dengan ditutupnya THM beberapa minggu belakangan ini. Izinnya sementara di proses, sebab ada beberapa kendala, namun akan segera dituntaskan, sehingga tidak berlarut larut.” Ucap H. M. Judas Amir Walilota Palopo.

Sementra itu, pihak Kepolisian Resor (Polres) Kota Palopo, Kompol Woro Susilo (Wakapolres) yang mewakili Kapolres Palopo mengklarifikasi, terkait adanya tudingan penutupan THM.

“Jadi kami dari Kepolisian, tidak pernah ada keinginan menutup THM yang berada di Labombo, hanya saja yang dilakukan saat ini, karena adanya beberapa laporan dari masyarakat, sehingga untuk sementara kami tindak lanjuti,” Jelas Woro Susilo Wakapolres Palopo.

Lebih jauh dikatakan, Kompol, Woro Susilo, adanya beberapa pelanggaran terkait aturan yang berlaku, di temukan beberapa toko menjual minuman beralkohol sehingga, pihak Polres Palopo gelar sidak guna memastikan peredaran minuman beralcohol dalam wilayah hukum Kota Palopo.

” ini juga yang menjadi persoalan, adanya laporan dan keluhan masyarakat, sehingga dilakukan razia, dan penutupan hingga semua persoalan dapat diselesaikan.” Kata Wakapolres Palopo.

Hal lain yang menjadi dasar kuat dilakukannya zidak, juga pelarangan menjual minuman keras, lantaran beberapa tahun terakhir ini, maraknya aksi kejahatan yang telah terjadi, sebagaimana laporan yang masuk ke Polres Palopo.

“Pihak polres tidak pernah ada keinginan untuk menutup THM, namun karena ada beberapa hal sehingga untuk sementara dilarang untuk memasarkan minuman minuman beralkohol,” Tegas Wakapolres Palopo.  (Awi) 

Komentar

News Feed