oleh

Jasad 47 Korban Kebakaran Pabrik Kembang Api Tidak Dapat Dikenal, Polisi Akan Lakukan Tes DNA

Matarakyat|  Kebakaran yang melanda pabrik kembang api di Desa Cengklong, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Kamis 26 Oktober 2017, tak berlangsung lama.

Namun, insiden itu merenggut banyak korban jiwa.  Data kepolisian menyebut, ada 43 orang luka-luka dan 47 korban meninggal pada ledakan di pabrik petasan di Kosambi, Tangerang, jenasah sudah tidak dapat dikenali. Bahkan, properti para korban tewas itu tidak ada yang tersisa.

“Properti yang dipakai korban sudah hilang semua, tidak ada yang menempel,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono Jumat (27/10/2017).

Argo juga menyebut tidak ada satu pun jenazah yang mengenakan perhiasan. “Tidak ada, semuanya hangus terbakar,” imbuhnya.

Korban ledakan yang selamat Masih dalam perawatan RS

Properti ini berguna untuk pengenalan atau identifikasi jenazah oleh keluarga korban. Kondisi jenazah yang tidak utuh atau tidak bisa dikenali lagi, bisa dikenali oleh keluarganya dari barang-barang milik korban atau pakaian yang digunakan korban pada terakhir kalinya, termasuk salah satunya perhiasan.

“Selain dari peoperti, Kartu Keluarga (KK) atau identitas korban, keluarga juga bisa mencocokkan jenazah dari riwayat kesehatan korban. Misalnya korban pernah ke dokter gigi, itu nanti bisa dicocokkan dengan jenazah,” paparnya.

Pencocokan jenazah dan atau properti korban oleh keluarga ini merupakan salah satu metoda untuk mengumpulkan data antemortem. Antemortem adalah data diri korban sebelum meninggal.

Identifikasi jenazah diperlukan untuk mengetahui siapa identitas mayat yang ditemukan tersebut. Polisi juga akan melakukan tes DNA untuk mencocokkan identitas jenazah dengan keluarga.

Tonton Videonya Berikut ini:

Polisi telah membuka posko pengumpulan data antemortem di Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur. Warga yang merasa ada anggota keluarganya bekerja di pabrik itu dan belum ditemukan, agar membawa data-data korban ke RS Polri.

“Petugas akan melayani dengan baik keluarga korban,” tandasnya

Komentar

News Feed