oleh

Ketua Umum Germas, Sayangkan KPUD Lutra Loloskan ASN Jadi Anggota PPK

MATARAKYAT | LUWU UTARA – Ketua Umum Gerakan Mahasiswa (Germas) Luwu Utara M. Akbar, menyayangkan sikap KPUD Luwu Utara yang diduga telah meloloskan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai anggota PPK.Minggu, 29/10/2017.

Ketua Umum Germas Lutra, M. Akbar, berpandangan bahwa ASN yang diloloskan bisa berdampak pada netralitas penyelenggaraan Pilkada kedepan, dimana KPUD Luwu Utara sebagai penyelenggara Pemilu akan diragukan tidak lagi indpenden, sebab pengaruh sistem pemerintahan akan berbenturan dengan kepentingan.

‘’ Benar Undang-undang tidak melarang ASN jadi anggota PPK, hanya saja secara kinerja optimal akan terhambat, dilain sisi menjalankan tugasnya sebagai ASN dan juga sebagai Anggota PPK yang sama dibiayai oleh negara. Terkecuali ASN yang bersangkutan diberhentikan sementara  tidak menjadi persoalan. KPUD Luwu Utara harus memikirkan peruntukan biaya kepada Anggota PPK dan lebih mengutamakan yang tidak berstatus PNS, jangan sampai terima gaji sebagai Anggota PPK , juga terima upah sebagai ASN. Apalagi jika atasannya sebagai ASN memintanya untuk berpihak, ini bisa fatal.’’ Tutur M.Akbar.

Masih M.Akbar, dikatakannya lagi jika KPUD Luwu Utara jauh hari sudah mempertimbangkan dampak positif dan negatifnya akan peserta yang akan diloloskannya, dan terlebih lagi bersikap transparan dalam perekrutan anggota.

‘’ Sekali lagi kami sangat menyangkan sikap KPUD Luwu Utara dan perlu diketahui jika sebelumnya proses seleksi berkas calon anggota PPK yang dilakukan KPUD Luwu Utara tidak transparan dan diduga ada permainan busuk dilakukan dalam penetapan berkas yang diloloskan.’’ TegasM.Akbar.

Laporan : AWI

Komentar

News Feed