oleh

Disdik Makassar Konsep Program Smart Library dan Kantin Smart

Matarakyat | Hari Ulang tahun Kota Makassar Ke- 410 terjadi banyak Perubahan Signifikan di bawah kepemimpinan Walikota Makassar ” Danny” Pomanto baik dari segi kebersihan, Penataan Kota hingga Kemajuan di dunia Pendidikan.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Manajemen Guru dan Tenaga Kependidikan kota makassar, Dr Pantja Nur Wahidin, M.Pd bahwa Pendidikan di kota makassar selama pemerintahan Walikota Makassar, indikator indeks pembagunan manusianya cukup signifikan, bertambah dibanding dengan periode-periode sebelumnya.

Dikarenakan angka partisipasi pendidikan di kota Makassar juga meningkat. Sebab dinas pendidikan gencar membuka ruang untuk warga kota makassar terutama bagi kalangan masyarakat ekonomi menengah.

Seperti dengan membuka penerimaan siswa baru jalur siswa tidak mampu.” ucap kabid pada sat ditemui diruangkerjanya (9/11/17)

Lanjutnya, Sudah terbukti dengan program 18 rebolusi pendidikan yang dicanangkan pemerintah atau wallikota ini mengangkat kekhasan terobosan- terbosan baru dalam membangun sumber daya manusia kita. terutama dalam pendidikan, kita bisa lihat dari program satu bakat satu anak gencar dilakukan dalam tiga tahun terakhir ini.

” ini membuktikan bahwa anak-anak kita punya talenta serta bakat-bakat yang bisa tersalurkan di dalam dunia pendidikan sehingga tidak terganggu lagi dengan budaya-budaya dari luar.” tuturnya

Pantja Nur menambahkan, kita bisa lihat kualitas sekolah dari sisi adiwiyata ini. Seluruh sekolah bergilir untuk mendapatkan adiwiyata ini . Hal ini membuktikan lonjatnya sekolah adiwiyata yang berstaraf tingkat kota, provinsi, nasional. Bahkan kita mendapat piala adiwiyata bergilir karena dilihat dari dua tahun terakhir.

” Jumlah sekolah adiwiyata tingkat provinsi yang awalnya satu sekarang bisa mencapai 20-30 sekolah itu mencerminkan bahwa sekolah yang ada di maskassar betul- betul mengenal pendidikan yang berbasis nasional”,

Selain adiwinata kami juga telah menyiapkan konsep smart library, kantin smart tahun depan akan mulai berjalan.

Tujuannya agar anak – anak punya tempat atau sarana untuk membaca serta smart library yang memiliki koleksi bacaan yang layak dibaca oleh anak anak.

Kemudian kantin smart yang berisi makanan yang berlabel sehat higenis dari dinas kesehatan.

Dalam satu tahun terakhir ini. Kita menggenjok guru – guru untuk mengikuti pengembangan berkelanjutan sehingga guru guru punya kopetensi yang memadai dari sisi kemampuan pedagogik dan juga profesional sehingga ketika ia mengajar, bisa menghasilkan pesrta didik yang mempunyai kemampuan yang bagus.
Untuk itu kami berharap agar nilai integritas yang kami tanamkan bisa menciptakan guru yang jujur ketika proses belajar mengajar dan juga ujian yang jujur yang dilakukan terhadap anak anak didik.” Terangnya

Pantja Nur berharap di HUT Makassar yang ke 410, “Pemerintah kota makassar dan juga dinas pendidikan ada partisipasi masyarakat di dalam membangun pendidikan di kota makassar. ”

Pendidikan tidak hanya dibebankan kepada pemkot tetapi juga ada yang namanya tri konsep pendidikan .

” Tiga tiganya harus seiring sejalan untuk mewujudkan pendidikan naisonal maupun lokal. Yaiitu ada sinergitas antara pemerintah, masyarakat serta orang tua siswa. tanpa ini kita tidak bisa apa apa.”Kuncinya

Laporan:Irna

Komentar

News Feed