oleh

Hari Ini, Jalan Kakaktua Resmi Berganti Nama Jalan H. Padjonga Dg. Ngalle

MATARAKYAT, | Dalam momen hari ulang tahun kota Makassar juga Hari Pahlawan, Pemerintah Kota Makassar meresmikan dua nama Jalan di Kota Makassar lalu mengganti dengan nama Pahlawan yang berasal dari Sulawesi Selatan. Kamis (09/11/17)

Satu diantaranya, peresmian nama jalan dan pencanangan Taman Karaeng Polongbangkeng eks Jalan Kakatua Makassar berlangsung meriah dengan prosesi adat Makassar, dihadiri oleh Walikota dan Wakil Walikota Makassar dan jajarannya, Pemerintah Kabupaten Takalar beserta Keluarga atau keturunan langsung dari Pahlawan Nasional H. Padjonga Dg. Ngalle Karaeng Polongbangkeng.

Diketahui, H. Padjonga Dg. Ngalle adalah Tokoh berpengaruh dalam sejarah kemerdekaan Indonesia terkhusus di Sulawesi Selatan, juga merupakan raja terakhir di Kerajaan Polongbangkeng Takalar. Hal itu disampaikan dengan khidmat dan bangga oleh keturunan langsung Pahlawan Nasional asal Takalar itu.

Dalam sambutannya, Drs. H. A. Makmur Andi Sadda, MM menegaskan bahwa Walikota Makassar, Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto atau akrab disapa Danny sebenarnya bagian dari Kerajaan Polongbangkeng Takalar, ia bergelar Karaeng Tojeng. “Jadi jangan heran, saya sudah lihat silsilah, Pak Wali ini bagian dari Kerajaan Polongbangkeng Takalar, sudah dua tahun lalu saya sampaikan, gelarnya itu Karaeng Tojeng, sebab tojeng-tojeng atau betul-betul ingin mengangkat kembali Makassar.”

Suatu kebanggaan bagi kami di Takalar, ini ibarat mutiara yang tenggelam di lumpur namun muncul kembali “yaa namanya juga mutiara, pasti akan kembali bercahaya, jangan biarkan makassar mundur lagi, jadikan dua kali tambah baik” tegas A. Makmur dihadapan hadirin yang berlangsung di Taman Karaeng Polongbangkeng eks Taman Kakatua Makassar.

Edho

 

Komentar

News Feed