oleh

Siswa SMP Gunakan Motor Plat Merah Ke Sekolah, Apa Diperbolehkan?

Matarakyat| Bicara mengenai mobil dinas atau mobil milik negara,  Plat merah tentu dengan mudah dikenal sebagai property negara dan Plat merah, biasanya digunakan sebagai kendaraan operasional, atau kendaraan sejuta umat bagi pegawai di instansi tersebut, kebanyakan digunakan untuk mobil jemputan karyawan atau untuk dinas operasional kantor.

Sebagai pegawai pemerintah, ada banyak konsekuensi yang harus ia rasakan bila mengendarai mobil plat merah.

Ada beban dan tanggung jawab moral yang tak ringan. Sejatinya mobil dinas hanya terbatas digunakan untuk ke tempat-tempat yang baik-baik saja.

Ke kantor, ke instansi pemerintah atau pun kunjungan ke warga masyarakat. Aib membawa kendaraan dinas untuk sesuatu yang tak ada hubungannya dengan kedinasan. Namun, banyak kujumpai di akhir pekan, mobil dinas digunakan untuk menghadiri resepsi pernikahan. Bahkan, banyak pula mobil dinas dipakai untuk liburan keluarga atau digunakan untuk aktivitas-aktivitas itu sudah di luar kedinasan.

Pengguna plat merah atau mobil maupun motor dinas diduga dimanfaatkan untuk ‘keuntungan’ pribadi , dengan merasa–seolah-olah- ‘bebas’ berkendara seenaknya di jalan raya, tanpa menghiraukan aturan dan rambu lalu lintas yang berlaku. Seperti yang terjadi pada pengendara motor dengan plat merahjalan Urip Sumoharjo, Luwuk kab.banggai, sulteng Kamis 09/11/2017 pagi tadi.

Terlihat Seorang anak dibawah umur diduga masih sekolah menengah pertama (SMP) di kabupaten Banggai, tengah mengendarai motor plat merah sambil menikmati dengan gaya angkat kaki, entah kemana arah anak tersebut.

Foto ini sempat didokumentasi oleh kru trans-sulawesi sekitar pukul 08:30 WITA Kamis pagi tadi

Menurut Kabag ops polres Banggai, Kompol Margyanta, Kendaraan dinas hendaknya di pakai dalam pelaksanaan tugas kedinasan apalagi di gunakan anak sekolah yang masih SMP tentunya dibawah umur sudah di pastikan tidak memiliki surat Izin mengemudi (SIM), tegas Margyanta dengan pesan singkat melalui WHATSAPP

Laporan: Andi Baso

Komentar

News Feed