oleh

Bimtek Panwascam se-Toraja Utara, Ini Tujuannya

Matarakyat-Toraja Utara. Rapat Kerja Pengawan Tahapan Pemilu Panwascam se-Toraja Utara yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 13 – 14 November 2017 di Heritage Hotel, menghadirkan semua anggota panwascam dari 21 kecamatan di Toraja Utara.

Adapun narasumber pada Rapat Kerja Pengawan Tahapan Pemilu Panwas Kecamatan se-Toraja Utara adalah Drs. H. L. Arumahi, M.H
(Ketua Bawaslu Propinsi Sulsel), Fatmawati, SS (Koordiv. Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga di Bawaslu Propinsi sulsel) dan Andarias Duma’,  S.H (Ketua Panwas Toraja Utara).

Dalam acara Rapat Kerja Pengawan Tahapan Pemilu tersebut disuguhkan 6 (enam) materi untuk di jadikan panduan bagi para anggota panwas kecamatan yakni ” Optomalisasi peran panwas dalam pilkada,  pengawasan tahapan pemilu dan pemilihan,  Logika berfikir pengawasan pencegahan,  Potensi pelanggaran dalam pilkada 2018 atau pemilu 2019, Partisipasi dan pencegahan pengawasan, Strategi meningkatkan kinerja panwas kecamatan.

Dengan adanya Rapat Kerja Pengawan Tahapan Pemilu ini diharapkan bagi semua anggota panwas kecamatan benar-benar mengetahui tugas tanggungjawab mereka dan mampu menganalisa serta memilah setiap pelanggaran pemilu yang terjadi seperti pelanggaran administrasi, pelanggaran pidana pemilu, dan mana pelanggaran kode etik, sehingga setiap pelanggaran itu tidak semua diteruskan ke tingkat kabupaten namun dapat di selesaikan di tingkat kecamatan, ujar Andarias Duma’ (ketua panwas kabupaten Toraja Utara ).

Ditambahkan oleh ketua panwas kabupaten Toraja Utara ini bahwa anggota panwas kecamatan seToraja Utara juga telah dibekali cara menyusun kalender pengawasan setiap tahapan pemilu dan di himbau juga agar dapat merekrut staff administrasi yang mampu dan memahami tentang pemilu untuk membantu kinerja panwas kecamatan, serta kami juga menjadwalkan minggu depan ada materi lanjutan melalui Rapat Kerja Teknis, beber Andarias Duma (*)

Komentar

News Feed