oleh

Membebaskan Sandera Dari KKB, Ini Saran Kapolri Tito Karnavian

MATARAKYATMU | Kontak Senjata yang terjadi di Kawasan tambang emas Tembagapura, Papua menyebabkan timbulnya sejumlah korban, membuat situasi serta keamanan sedikit tidak kondusif. Kamis, (16/11/17)

Warga yang bermukim di sekitar PT. Freeport McMoran pun menjadi was-was akibat adanya serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Usai memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Irwasum dan Kabaharkam Polri di Rupatama Mabes Polri Jakarta, Kapolri, Jenderal Polisi H. M. Tito Karnavian menegaskan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan tegas terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua.

“Tak akan mungkin kita diamkan. Negara tidak boleh kalah, kita harus lakukan penindakan. Tapi tentunya tindakan itu dengan mengurangi dan meminimalisir korban,” katanya, dikutip dari website resmi Polri tribratanews.com

Meski demikian, Jenderal Pol Tito Karnavian tak menampik kemungkinan akan jatuhnya korban, baik itu dari kalangan petugas, KKB, maupun masyarakat sekitar.

“Namanya operasi penegakan hukum, operasi ini, operasi bersenjata lawan bersenjata, itu rentan terhadap korban,” jelasnya.

Untuk itu, Jenderal Pol Tito Karnavian menyarankan agar Komnas HAM datang ke Papua untuk melakukan mediasi.

“Jangan nanti, kalau ada apa-apa, tinggal menyalahkan kepada petugas saja. Ingat petugas ini, Polisi dan TNI yang ada di situ, mereka juga berjuang nyawa! Jangan nanti mereka sudah bertindak, lalu ada korban, kemudian disalahkan,” ungkap Jenderal Pol H. M. Tito Karnavian.

(Edho)

Komentar

News Feed