oleh

Banjir Merendam Ratusan Hektar Sawah di Torut, Ini Penyebabnya

MATARAKYATMU.COM | Akibat hujan deras mengguyur Toraja Utara pada hari Sabtu sore sampai malam 18/11/2017, sehingga titik rawan longsor dan banjir terlihat dibeberapa wilayah di Toraja Utara.

Pantauan awak media Matarakyatmu.com di Lembang (desa) Parinding, Kecamatan Sesean, minggu 19/11/2017,  pasca hujan deras pada hari sabtu malam mengakibatkan air irigasi meluap yang membuat saluran pintu air tersumbat oleh tumpukan sampah potongan ranting kayu.

Akibatnya,  dinding dari irigasi tersebut jebol ke sawah hingga luapan air irigasi tersebut masuk ke areal  persawahan dan menggenagi ratusan hektar sawah di Lembang Parinding dan bukan hanya itu tapi sisi dinding irigasi yang baru dikerja tahun 2016 itu juga ada yang ambruk.

“Ini tidak akan terjadi seandainya pintu pembagi air di irigasi ini agak besar agar tumpukan sampah yang dibawa air tidak tersangkut di pintu pembagi air irigasi”,  ungkap Paulus Katto warga dari Kelurahan Deri yang ada di sekitar lokasi tersebut melihat tanaman padinya yang ikut tergenang.

Tonton videonya dibawah ini:

https://youtu.be/024Uu9qH5qk

Ditambahkannya bahwa jika ini air masih menggenangi areal persawahan yang sudah ditanami bibit padi ini selama 2 atau 4 hari maka ratusan hektar sawah yang dimiliki petani akan mengalami gagal panen karena bibit padi sudah kami tanam dan harapan kami sekiranya pemerintah bisa segera membantu kami karena ini sudah menimbulkan ratusan juta kerugian para petani,  beber Paulus Katto. (Wildan)

Komentar

News Feed