oleh

Mencetak Wirausaha Muda dari SMA 17 Makassar

Matarakyat| Pengusaha adalah sebuah profesi yang tak mengenal batas usia, siapapun boleh mengambil bagian dan tak kenal usia.

Menjadi pengusaha sejak muda adalah tantangan baru yang harus disebarkan virusnya termasuk di SMA 17.

Adalah Sekretaris Komite SMA 17 Bachtiar Adnan Kusuma, sembari mengutip buku Karya Andi Yusran Paris, Pengusaha Pilihan Hidup, BAK menggugah semangat wirausaha muda dari SMA 17, Kamis 23/11 di Pelataran lapangan OSN dalam kegiatan Bazar kewirausahaan dan Pentas seni SMA 17 dari kelas X, XI dan XII dibuka Kepala UPTD Diknas Sulsel (23/11/17)

Kepsek SMA 17 Drs Syamsuddin, M.Pd dalam sambutannya pada saat pembukaan acara yang dihadiri sekitar 400 orang.

” Kita berharap dengan sekolah wirausaha ini bisa melahirkan pengusaha-pengusaha muda dari kalangan siswa yang notabene jangan hanya semua bermimpi jadi PNS,” katanya

Menurut Kepsek SMA 17, sekolah yang dipimpinnya adalah percontohan sekolah kewirausahaan di Sulsel dengan menampilkan karya inovasi siswa dalam bentuk kerajinan, kuliner dan seni kemudian dipamerkan du depan siswa siswi dan guru.” Kami bersyukur karena semangat anak-anak kami mengikuti event kewirausahaan sangat luar biasa”, kata Syamsuddin

Foto Komite sekolah SMAN 17 Makassar Baktiar Adnan Kusuma

Secara terpisah Komite sekolah SMAN 17 Makassar Baktiar Adnan Kusuma menjelaskan, sekolah percontohan yang menerapkan sistem pendidikan wirausaha. Mengapa hal ini penting kita ingin memberikan pemahaman atau pengetahuan dasar bahwa tidak semua orientasi siswa harus jadi PNS dia juga harus mampu mencari bawa tidak mesti harus menjadi PNS karena tidak menutup kemungkinan dia menjadi interpreneur yang profesional.

Kegiatan ini memberikan pemahaman dasar juga berapa bulan lalu mereka sudah mempelajari tentang teori Bagaimana caranya berusaha dan berdagang Nah setelah mereka belajar teori Sekarang sudah saatnya mempraktekkan ke lapangan.” terangnya

Lanjut Baktiar, Jadi ilmu tentang wirausaha ini sudah diterapkan bagaimana cara promosi, distribusi, marketing dan bagaimana cara membuka jejaring usaha.

Dengan diadakan kegiatan ini kami melihat bagaimana cara siswa menampilkan per kelas orientasi bisnis apa yang mereka pelajari kemudian hasilnnya dijual kepada guru-guru, orang tua dan teman-temannya.

Hal ini menggambarkan bukan hanya teori tapi bagaimana mempraktekkan langsung menjadi seorang wirausaha.Inilah event yang kita terapkan dan kami orang tua sangat menyukai sekali karena hal ini membuka wawasan para siswa.

Bayangkan saja Indonesia jumlah pengusaha dibandingkan 2,5 juta dari jumlah penduduk dan kita baru memenuhi  nol sekian persen dibandingkan dengan negara-negara yang sedang berkembang.

Nah untuk ini kita harus memberikan pemahaman terhadap anak didik bahwa mereka memang harus jadi pengusaha jangan berharap jadi PNS inilah momennya,”terangnya (vicky)

Tonton Video Lomba Wirausaha dan Pentas Seni SMA 17 Makassar:

Komentar

News Feed