oleh

Banjir Landa Parigi Moutong, Ini Bakal Dialami Petani

-Daerah-1.721 views

MATARAKYATMU.COM | Intensitas hujan terus meningkatkan selama tiga hari di Kabupaten Parigi Mourning, Sulteng, membuat ratusan  hektar persawahan warga di Kecamatan Sausu, terancam gagal panen menyusul banjir yang melanda wilayah dimaksud.

Rata-rata sawah di sejumlah desa di Kecamatan Sausu hingga kini terendam banjir dan petani dipastikan mengalami kerugian karena sebagian belum panen.

Meski demikian, belum dipastikan jumlah kerugian yang dialami petani karena saat ini petugas sedang berada di lapangan untuk mendata kerusakan yang dialami para petani. Petugas BPBD juga sedang melakukan evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir ke tempat pengungsian yang aman.

Bantuan logistik berupan bahan makanan dari pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan DPRD setempat sudah disalurkan ke desa-desa yang terkena banjir.

“Kami bersama semua instansi terkait yang ada di lapangan sudah membangun dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan/minum para pengungsi,” ujarnya Kepala BPBD Parigi Mourning, Achmad Arifin seperti dikutif dari Suara Pembaruan.

Menurut Arifin, banjir terparah terjadi di Desa Sausu Piore, di mana hampir semua rumah dan sawah warga terendam banjir. Selain Desa Piore, banjir juga merendam lima desa lain di kecamatan itu sehingga melumpuhkan semua aktivitas warga.

Proses belajar mengajar di sekolah pun terpaksa dihentikan. Para siswa diliburkan hingga beberapa hari ke depan.

Banjir bandang yang menerjang Kecamatan Sausu Piore, Kabupaten Parigi Moutong disebabkan karena luapan air sungai akibat hujan yang terus menerus mengguyur wilayah itu dalam sepekan terakhir.

Banjir juga terjadi akibat drainase yang buruk, dan saat banjir pembangunannya belum selesai hingga wilayah dikenal salah satu sentra produksi beras di Kabupaten Parigi Moutong, bahkan merupakan salah satu dari enam daerah penghasil beras terbesar di Sulteng.

(@ahmad)



Komentar

News Feed