oleh

Zumi Zola Dalam Bidikan KPK, Ini Penjelasannya

MATARAKYATMU.COM | Pasca OTT kini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan terur mengusut kasus dugaan suap terkait pengesahan APBD Jambi tahun 2018. Kini, lembaga anti raudah ini mendalami keterlibatan Gubernur Jambi, Zumi Zola.

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan menegaskan, pihaknya akan terus mengusut keterlibatan pihak lain dalam kasus ini. Apalagi, tim Satgas KPK masih berada di lapangan untuk mengusut kasus suap senilai Rp 6 miliar tersebut.

“Tim masih di lapangan jadi perkembangan kasus masih sangat, kemungkinannya masih banyak,” kata Basaria dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta Rabu (29/11) malam.

Salah satu yang didalami KPK yakni mengenai keterlibatan Gubernur Jambi, Zumi Zola. Hal ini lantaran penyusunan dan pengesahan APBD melibatkan pihak eksekutif dan legislatif. Basaria mengungkapkan, pihaknya sedang mendalami adanya perintah dari Zumi Zola kepada tiga pejabat Pemprov Jambi untuk ‘mengguyur’ DPRD agar hadir dan mengesahkan APBD Jambi tahun 2018.

Diketahui, KPK menetapkan Supriyono yang juga Ketua Harian DPW PAN Jambi, Arfan; Saifudin; dan Erwan Malik sebagai tersangka. Supriyono diduga menerima suap sebesar Rp 400 juta dari tiga pejabat Pemprov Jambi itu untuk menghadiri rapat pengesahan APBD Jambi tahun 2018.

Diduga, Pemprov Jambi sudah menyiapkan ‘uang ketok’ sebesar Rp 6 miliar untuk ‘mengguyur’ DPRD Jambi. Namun, KPK baru menyita Rp 4,7 miliar dalam OTT pada Selasa (28/11). Sementara Rp 1,3 miliar lainnya sudah diserahkan pihak Pemprov Jambi kepada anggota DPRD Jambi. (Edward)

Komentar

News Feed