oleh

Pesona Horti Park Toraja Dengan Berbagai Persoalan

-Daerah-1.569 views

MATARAKYATMU | Sebidang sawah di jalan poros Rantepao Makale KM 3, Lembang Tallulolo,  Kecamatan Kesu’, Toraja Utara,  direncanakan akan menjadi penataan taman bernuansa Lovely Desember menjadi buah bibir.

Lahan ini disebut sebagai Horti Park  dimana sebuah lahan ditata menjadi taman dengan berbagai jenis tanaman, ungkap Hartaty Marzuk, pengelolanya kepada Matarakyatmu.com, Jumat 1/12/2017.

“Ini saya tata dengan berbagai jenis sayuran, buah, jenis bunga bungaan dan lengkap dengan kolam ikan, tapi dalam pengerjaan ini sangat terkendala pada tenaga kerja serta lahan yang tidak mendukung karena tanah yang baru diolah untuk menjadi sebuah taman. Semua tanamannya dibibitkan disini karena jenis tanaman digunakan adalah berasal  dari Toraja”,  beber Hartaty Marzuki.

Ditambahkan lagi oleh Hartati bahwa kegiatan ini merupakan program dari Dinas Ketahanan Pangan Propinsi Sulsel dan diberi tanggung jawab dalam penataan serta pengelolaan tanamannya yang mulai dikerja sejak 30 Oktober 2017.

Kegiatan ini sangat mengesankan namun sangat menyedihkan karena tidak ada papan informasi kegiatannya, tanah sebagai media tanam tidak diberi perlakuan,  ditambah beberapa jenis tanaman sudah layu dan mulai gugur.

karena merupakan tanaman yang hampir siap panen dibawa dari tempat lain serta dilokasi terlihat beberapa tanaman yang dinaungi bukan menggunakan paranet/agronet sebagai pengatur intensitas cahaya tapi malah menggunakan waring pagar tanaman.

(Wildan)

Komentar

News Feed