oleh

Taman Lovely Desember Diduga Tanaman Bukan Potensi Lokal

-Torut-1.172 views

MATARAKYATMU | Taman Lovely Desember yang direncanakan akan menjadi salah satu tempat yang akan dikunjungi presiden RI Jokowi  jika ke Toraja dalam menghadiri perayaan Lovely Desember,  ternyata menggunakan anggaran ratusan juta rupiah dari Dinas Pertanian Propinsi Sulsel.

Seperti yang diakui oleh Daud Pongsapan, Kadis Pertanian Toraja Utara saat di hubungi via seluler oleh sejumlah media,  Senin 4/12/2017 bahwa anggarannya dari APBD Sulsel sebesar Rp. 120.000.000,  yang dipakai untuk pembuatan gasebo dalam taman tersebut serta penataan tanaman yang ditanam.

Namun kegiatan tersebut sangat disayangkan sebut sumber Matarakyatmu.com karena hampir semua jenis tanaman tidak dibibitkan di lokasi dan sayuran ditengai didatangkan dari Kbupaten Enrekang yang sebenarnya jika dilihat dari fisik tanaman dilokasi itu sebenarnya umur tanaman hampir siap dipanen yang ditanam di lokasi tersebut untuk diperlihatkan ke presiden RI Jokowi jika menghadiri perayaan Lovely Desember.

Belum lagi tidak ada papan informasi kegiatan dan tanah sebagai media tanam tidak diberi perlakuan,  ditambah beberapa jenis tanaman sudah layu dan mulai mati.
Di lokasi pun terlihat beberapa tanaman dinaungi bukan menggunakan paranet/agronet sebagai pengatur intensitas cahaya tapi malah menggunakan waring pagar tanaman sebagai naungan tanaman.

Disayangkan sebab sesuatu yang sangat menyedihkan karena kegiatan tersebut adalah program pertanian tapi diduga tidak menggunakan ilmu pengetahuan tentang budidaya tanaman. (Wildan)

Komentar

News Feed