oleh

Amankan Tahun Politik, Ini Jumlah Kekuatan Polisi

MATARAKYATMU | Menghadapi pesta demokrasi 2018 agar dapat berlangsung aman dan damai, Mabes Polri sedini mungkin melakukan antisipasi dan mengeliminir kemungkinan kejadian tak diinginkan dengan melakukan pemetaan terhadap sejumlah daerah yang dianggap rawan saat pelaksanaan Pilkada serentak 2018. 173 ribu personel akan diturunkan mengamankan Pilkada serentak tahun depan.

“Kita melihat bahwa pola pengamanannya berbeda. Ada rawan, aman, ada rawan satu kalau enggak salah,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin 7 Desember 2017.

Jika pola pengamanan setiap daerah termasuk tempat pemilihan suara (TPS) berbeda. Menurut dia, pengamanan khusus akan dilakukan di daerah-daerah yang pernah terjadi konflik.

Pemetaan dilakukan dengan indikator di daerah tersebut pernah terjadi konflik, bagaimana penyelesaian konfliknya, kemudian polisi akan melihat bagaimana di situ pernah ada kejadian-kejadian yang melibatkan Parpol, kejadian yang melibatkan calon, itu yang menjadi salah satunya rujukan.

Kendati begitu, jenderal bintang dua ini memastikan kalau pihaknya sudah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi terjadinya konflik di daerah-daerah rawan tersebut. Bahkan antisipasi itu telah disiapkan polri sejak Oktober lalu. (MBM)

Komentar

News Feed