oleh

Ma’Tumbaraka Prosesi Awal Lovely Desember 2017

-Daerah-1.809 views

MATARAKYATMU | Acara pembukaan kegiatan Lovely Desember tahun 2017 resmi dibuka pada pukul 20:57 WITA oleh Bupati dan Wabup Toraja Utara bersama Forkopindo dengan pemukulan gendang dalam bahasa toraja disebut sebagai Ma’tumbaraka, ┬áSabtu 9/12/2017.

“Pariwisata sangat tepat bagi kita untuk mensejahterakan rakyat Toraja, jadi kita harus bertekad menjadikan Toraja Utara menjadi daerah pariwisata dengan cara berkreasi melaksanakan kegiatan seni budaya sebagai bentuk melestarikan segala macam seni budaya sebagai peninggalan nenek pendahulu orang toraja”, ungkap Kala’ Tiku Paembonan Bupati Toraja Utara dalam sambutannya.

Bupati Kala’Tiku juga disampaikan agar target pariwisata indonesia dalam mendatangkan wisatawan mancanegara dapat kita akses dan mengambil setidaknya 10% dari target 20 juta wisatawan yang datang ke indonesia dan untuk itu masyarakat dan pemerintah harus bekerjasama dalam memajukan pariwisata toraja, harap Kala’ Tiku Paembonan.

Ditempat yang sama,  Sekda Toraja Utara Rede Roni selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa ada banyak rangkaian acara lovely desember selama bulan desember ini dan kita syukuri malam pembukaan ini dapat berjalan dengan baik dan dihadiri banyak masyarakat untuk menyaksikan kemeriahan acara pembukaan lovely Desember ini.

Rangkaian acara pembukaan lovely desember tersebut dimeriahkan dengan pagelaran cerita rakyat yang dikemas dalam pentas seni tari dan drama yang menggambarkan awal mula terbentuknya kehidupan dan manusia di toraja yang disebut sebagai Arrang Dibatu atau dalam bahasa indonesia adalah sebuah cahaya yang keluar dari dalam batu. (Wildan)

Komentar

News Feed