oleh

“Jimat” Minta Polres Gowa Tuntaskan Penemuan Lempengan Besi di Tabung Gas

-Daerah-1.627 views

MATARAKYATMU | Aparat Polres Gowa dan PT Pertamina diminta transparan dalam mengungkap dugaan spekulasi pemasangan lempengan besi pada bagian tabung gas yang disita saat melakukan operasi pasar kemarin (13/12).

Divisi Investigasi LSM JIMAT (Jaringan Informasi Masyarakat Transparansi) Abdullah Kamaruddin menjelaskan jika ada beberapa keganjilan dari alibi pengelola yang diutarakan saat dilakukan operasi pasar.

Menurut Doel, panggilan akrab pria ini, diakui bila tidak semua tabung gas yang ada di stasiun pengisian gas itu memiliki lempengan gas membuktikan bila ada upaya-upaya spekulan sebab hal tidak mungkin PT Pertamina menyalurkan bentuk yang tidak serupa.

Begitu pun, adalah jika mesin filling tidak bisa berputar jika tidak memiliki berat sesuai tonase jika tak ditambah lempengan. “Kalau demikian, mengapa tabung lain tak ditemukan lempengan besi bisa terisi dan menggerakkan mesin billing dengan indikator kekurangan tonase,” ujar Doel.

Ditambahkan Doel jika pihak LSM JIMAT sementara melwngkaou hasil investigasi dalam dua hari ini untuk selanjutnya melakukan action atas kasus penemuan lempengan besi di tabung gas dimaksud.

Seperti diberitakan pihak Polres Gowa bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gowa berhasil menyita 4 unit tabung gas elpiji di PT Samaya Mandiri di Jalan Poros Malino Sungguminasa, Gowa. Rabu (13/13/2017).

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Gowa menggelar Operasi Pasar guna menyelidiki adanya kecurangan pada Tabung gas Elpiji karena ditemukan Plat Besi yang tertempel, yang diduga menjadi tambahan berat dari tabung.

Keempat unit tabung gas ini diindikasi ada penambalan besi dibagian tabung gas yang merugikan konsumen.

Kasat Reskrim, Polres Gowa AKP Darwis Akib menjelaskan, keempat tabung gas yang disita merupakan tabung gas yang memiliki kelainan. Pasalnya, ada tabung Gas yang ditempeli Plat besi, ada juga yang tidak. sehingga di sita untuk dijadikan pembanding.

“Masing-masing diambil yang punya besi plat dan yang tidak punya besi plat, nanti kami panggil untuk pertamina untuk menjelaskan maksud besi-besi yang ditempel itu,” katanya.

Berdasarkan keterangan Pemilik Agen, Rudi Sampara mengatakan bahwa besi plat yang ditempel pada bagian bawah maupun pada gagang Tabung ini untuk menambah beban berat jika tabung tersebut kosong.

“Dari tabung Gas ini tidak semua memiliki tempelan plat besi, ini kemungkinan hanya sebagai pemberat jika tabung kosong,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan Manager PT Mega Mitra Energi Sejahtera, Julianto saat ditemui di Kantornya jalan Boka, Kecamatan Bajeng, Gowa.

Nulianto mengatakan bahwa Tambahan plat besi pada tabung tersebut untuk menambah beban Tabung yang tidak sampai 5Kg. Pasalnya, Mesin Filling tempat pengisian Gas tidak akan jalan jika Tabung Gas tersebut tidak mencukupi berat 5Kg.

“Mesin Filling itu tidak mau jalan kalau tabung tidak cukup beratnya 5 Kg, mungkin lebih jelasnya pihak Pertamina dapat menjelaskan secara detailnya,” jelasnya. (IFA)

Komentar

News Feed