oleh

Bupati Bangkep Lantik Kades Bermasalah

-Daerah-2.014 views

MATARAKYATMU | Pelaksanaan pelantikan kepala desa hasil pemilihan kepala desa tahap I di Kab. Banggai Kepulauan dinilai bermasalah dan cacat hukum. Diantaranya, proses Pilkades masih bersoal.

Ada penilaian jika pelantikan tersebut telah mencedrai hak demokrasi rakyat di beberapa desa yang ikut Pilkades masih menantikan proses keabsahan.

Beberapa proses pemilihan kepala desa dimaksud berdasarkan putusan TIM P2AH (Tim penyelesaian adimitrasi) sengketa Pilkades tahun 2017 sangat bersyarat berdasarkan fakta-fakta persidangan untuk dibatalkan tapi anehnya malah di lantik tanpa mengedepankan hak-hak demokrasi rakyat.

Seperti Pilkades Desa Batangono Kec. Buko  ditemukan pelanggaran seperti ditemukan pemilih di bawah umur kemudian 17 orang warga masyarakat Desa Batangono dusun 5 tidak terdaftar sebagai pemilih padahal pada saat Pilkada mereka terdaftar sebagai pemilih.

Juga diduga terjadi kasus money politik dengan memberikan suatu benda loyang alat rumah tangga untuk mempengaruhi pemilih hal ini juga di buktikan degan putusan TIM P2AH pada. saat persidangan

Menanggapi hal ini,  LPKN INDONESIA TIMUR (Lembaga Pemerhati Keuangan Negara)  sangat menyangkan sikap Kabag Hukum Pemkab Banggai Kepulauan, Arabia Barisan, SH tidak menghargai putusan TIM P2AH yang membatalkan Pilkades desa tersebut.(tommy TB)

 

Komentar

News Feed