oleh

Terdakwa Kasus e-KTP Divonis 8 Tahun Penjara

MATARAKYATMU | Andi Narogong Agustinus divonis Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta selama delapan tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsidier enam bulan kurungan .hari ini (21/12).Hukuman ini sama dengan tuntutan Jaksa.

Ketua Majelis Hakim Tipikor, Jhon H.Butar-Butar menyatakan Andi terbukti melakukan korupsi dan mengarahkan proyek e-KTP bersama sejumlah pihak.

Dalam pertimbangannya, hakim menyatakan perbuatan Andi berdampak masif pada pengelolaan data kependudukan yang berakibat hingga saat ini. Namun hakim mengabulkan penetapan Andi sebagai justice collaborator karena telah mengungkap peran sejumlah pihak dalam proyek senilai Rp5,9 triliun itu.

Dalam perkara ini, Andi didakwa melakukan korupsi proyek e-KTP dengan memperkaya sejumlah pihak. Sejumlah nama mulai dari pejabat Kemdagri, panitia proyek, hingga anggota DPR disebut menerima jatah tersebut.

Andi juga didakwa memperkaya korporasi yakni Perum PNRI, PT LEN Industri, PT Quadra Solution, PT Sandipala Arthaputra, PT Sucofindo, dan manajemen bersama konsorsium PNRI dalam proyek senilai Rp5,9 triliun itu. (NL)

Komentar

News Feed