oleh

Jelang Piala Dunia 2018 di Rusia, Ini Negara Diprediksi Juara?

PIALA DUNIA 2018 di Rusia masih dalam hitungan bulan, meski demikian banyak kalangan yang sudah mulai melakukan kalkulasi kekuatan para kontestan. Hal itu tentu saja tidak mengherankan, mengingat ajang Piala Dunia merupakan pesta akbar sepakbola sejagat raya.

Situs sportskeeda.com (24/12/2017) telah merilis daftar 5 negara kandidat juara Piala Dunia 2018. Pemilihan kandidat juara tersebut tentu saja didasarkan pada berbagai aspek, baik teknis maupun non teknis. Berikut daftar selengkapnya:

1. Jerman

Banyak kalangan yang menilai bahwa pensiunnya beberapa pemain senior akan menyebabkan kemunduran prestasi timnas Jerman. Namun faktanya tim asuhan Joachim Low tetap menjadi negara favorit yang bisa menjadi mimpi buruk bagi lawan-lawannya.

Kegagalan di semifinal Euro 2016 tidak mengurangi antusiasme Der Panzer dalam menatap Piala Dunia. Berbekal pasukan muda yang memiliki teknik dan semangat juang tinggi, Jerman membuktikan kekuatannya di Piala Konfederasi 2017. Mereka menjuarai ajang tersebut setelah menaklukkan Chile di laga puncak.

2. Brasil

Timnas Brasil pernah terpuruk akibat dihajar Jerman dengan skor 7-1 di Piala Dunia 2014. Kekalahan yang menimbulkan luka mendalam bagi seluruh armada tim Samba saat itu, tidak terkecuali para fans. Setelah itu, Brasil tetap tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya di dua edisi Copa Amerika.

Penunjukan Tite sebagai nahkoda anyar membawa angin segar bagi tim Samba. Sentuhan pria bernama lengkap Adenor Leonardo Bacchi itu mampu mengembalikan keperkasaan timnas Brasil. Terbukti mereka tampil perkasa di laga kualifikasi Piala Dunia 2018 dan menjadi negara pertama yang meraih tiket putaran final melalui jalur kualifikasi.

3. Prancis

Timnas Prancis nyaris saja meraih trofi Euro 2016. Namun pada akhirnya mereka harus mengakui keunggulan Portugal di laga puncak. Kini, armada Didier Deschamps dinilai telah mengalami banyak kemajuan setelah perhelatan Euro 2016.

Prancis memiliki pemain bintang di semua lini, baik yang berkiprah di liga domestik maupun di kompetisi papan atas negara Eropa lainnya. Satu hal yang patut disayangkan karena Les Bleus tidak akan diperkuat Karim Benzema. Bomber Real Madrid itu belum mampu mengubah pendirian Deschamps yang selama ini menutup pintu timnas untuknya. Meski demikian, lini serang Prancis tetap saja menakutkan bagi lawan-lawannya.

4. Spanyol

Timnas Spanyol pernah merajai panggung sepakbola Eropa dan dunia pada periode 2008 hingga 2012. Namun Tim Matador terlihat mengalami kemunduran sejak 2013. Pada Piala Dunia edisi 2014, masa sulit timnas Spanyol sepertinya belum juga usai yang menyebabkan mereka harus angkat koper lebih awal.

Armada tim Matador mulai memperlihatkan perbaikan performa di pentas Euro 2016, namun mereka tetap tidak berdaya menghadapi Italia di babak 16 besar. Kedatangan Julen Lopetegui sebagai arsitek anyar memberikan nuansa baru di dalam tim. Hasilnya, Sergio Ramos cs tampil perkasa sepanjang babak kualifikasi Piala Dunia 2018 termasuk mengalahkan Italia dengan skor 3-0, seperti dilansir sportskeeda.com (24/12/2017). Atas dasar itu, Spanyol layak masuk dalam daftar ini.

5. Argentina

Tim Tango melewati laga kualifikasi yang sulit di zona Conmebol. Para pendukung Argentina bahkan sempat dilanda kecemasan lantaran timnas favoritnya itu sempat terancam tidak lolos ke Piala Dunia 2018. Namun pada akhirnya Lionel Messi cs memastikan satu tiket setelah mengalahkan Ekuador dengan skor 3-1 di Quito.

Argentina memang mengalami banyak masalah terutama dalam hal organisasi pertahanan. Selain itu, pelatih Jorge Sampaoli juga harus segera menemukan komposisi yang tepat di lini depan yang menghadirkan banyak talenta kelas wahid.

Namun kehadiran sang mega bintang Lionel Messi membuat timnas Argentina tetap diperhitungkan di kancah internasional termasuk Piala Dunia. Itulah informasi tentang 5 negara kandidat juara Piala Dunia 2018. ( SC )

Komentar

News Feed