oleh

Dari FIS ke MPM Unhas, Sebuah Memori

-Aneka-1.202 views

27 Tahun yang silam, tepat 1991 penulis kembali mengenang tapak-tapak langkah anak-anak KOSMIK(Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi) Unhas di pelataran Fakultas Ilmu Sosial  Ruang FIS Kampus berjuluk Merah ini. Tak banyak yang tahu kalau tiga tahun terakhir ini, Unhas adalah rumah kedua kami setelah Parangtambung. Awalnya, Dea yang kuliah di Kedok Unhas menetap di Rusunawa Blok D dan disinilah sabang hari di ujung akhir pekan kami menginap dan menetap. Tujuannya, selain mengurus tetek bengek urusan hari-harinya, rupanya kami juga memanfaatkan rekreasi sembari memboyong pekerjaan ke kamarnya.

 

Selama sepekan di Unhas,hari ini Sabtu 30 Desember 2017, tiba-tiba rindu menjejak tapak-tapak kami semasa nyantri di FIS dan menjadi aktivis Mahasiswa Pecinta Mushallah(MPM) Unhas. Maklum sebagai mahasiswa KOSMIK biasanya usai perkuliahan, kami berkumpul di MPM Unhas untuk menunaikan shalat jamaah dan kajian Islam intensif. Selain itu, kami berjibaku dengan buku-buku sembari berdiskusi dengan almarhum Guru kami, Dr Mansyur Semma, S.Ip, di salah satu ruangan di Perpustakaan Unhas.

 

27 tahun lalu, tak banyak berubah ruang dan posisi perpustakaan Unhas, MPM Unhas masih seperti dulu. Hanya saja, FIS semakin eksotis karena dilengkapi ruang bersantai terbuka dan dipenuhi pohon-pohon rindang yang mulai menua. Di MPM Unhas, disinilah kami berinteraksi panjang dengan sejumlah tokoh-tokoh nasional, Kang Jalal, K.H. Abdullah Said( Pendiri Ponpes Hidayatullah Balikpapan), Abdul Hafied Paronda dan lainnya. Penulis bersama Mokh. Syaiful Bachri kemudian merintis majalah MPM Unhas atas dukungan Prof Basri Hasanuddin, Rektor Unhas saat itu.

 

Di Kosmik, penulis bersama Deng Ical, Hamdiani Latief, Andi Nur Aminah, Suriani, Adriana Akbar, Syarif Amir, Andi Nur Alam mendirikan Studi Club Katalisator. Ujungnya, penulis mulai sibuk menjadi wartawan free lance media nasional, Deng Ical dan kawan-kawan masih saja memilih berkutat di FIS sebagai ketua Senat Mahasiswa Fisipol Unhas. Sebuah memori tentang FIS dan MPM Unhas….

(Bachtiar Adnan Kusuma)

Komentar

News Feed