oleh

Wali Kota Makassar “Tersandung” Pohon Ketapang, Diperiksa 3 Jam di Polda Sulsel

kasus pohon ketapang kencana juga dilaporkan ke KPK (Foto: istimewa)

MAKASSAR | Kasus-demi kasus mulai dialamatkan ke Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, selesai menjalani pemeriksaan dalam kasus lorong UMKM kemarin (2/1) beberapa menit lalu dirinya juga melewati pemeriksaan terkait pengadaan 7 ribu pohon ketapang di ruas jalan di Kota Makassar.

Pemeriksaan hari ini berbeda dengan pemeriksaan kemarin. Hari ini penyidik memeriksa terkait dugaan kasus pohon Ketapang. “Kasus ini harusnya tak terjadi karena pelapor sebelumnya juga telah melaporkan ke KPK,” ujar juru bicara Danny Pomanto, Ramzah Tabraman usai pemeriksaan.

Kehadiran Wali Kota Makassar dinilai sebagai penghargaan hukum yang sementara proses hukum, karena hukumlah yang tertinggi.¬†“Ini bentuk penghargaan Pak Wali dapat hadir menghargai proses hukum yang sementara berjalan,” jelasnya mantan jurnalis ini.

Pemeriksaan terkait kasus pengadaan pohon ketapang sendiri diakui tim kuasa hukumnya hanya sebatas teknis. Tak ada pemeriksaan yang menyebutkan adanya kerugian negara.

“Pemeriksaanya hanya teknis, tak menyebut masalah kerugian negara, sebatas proses pembelian, pengadaanya,” tutupnya.

Sebelumnya kasus ini juga telah di periksa oleh BPKP namun tak menemukan adanya kerugian negara. Danny diperiksa sekitar 3 jam di Mapolda Sulsel, lebih cepat dari pemeriksaan sebelumnya, dengan 21 pertanyaan dari penyidik Polda Sulsel.

Kasus proyek pohon Ketapang ini bermula saat Pemkot menganggarkan nilai dalam APBD 2016 lalu sebesar Rp 9,3 M buat pembelian bibit dan penanaman sejumlah 7.000 bibit.

Dalam perkembangan proyek ini, aktifis LSM Gerakan Revolusi Demokrat menemukan data jika penanaman pohon dimaksud hanya terealisasi sebanyak 5.364 pohon hingga ada dugaan negara dirugikan Rp 2 4 M dan melaporkan kasus ini ke Polrestabes Makassar, Mei 2017 lalu.

Mungkinkah kasus pohon ketapang ini membuat Danny Pomanto “Tersandung” Pilwali? Kita nantikan saja (Ifa)

Komentar

News Feed